Prajurit TNI Harus Peka Persoalan di Masyarakat

583
Pesona Indonesia
Prajurit TNI saat mengikuti upacara HUT TNI ke-71 tahun, di lapangan Pamedan Ahmad Yani, Rabu (5/10/2016). Foto: Yusnadi/batampos
Prajurit TNI saat mengikuti upacara HUT TNI ke-71 tahun, di lapangan Pamedan Ahmad Yani, Rabu (5/10/2016). Foto: Yusnadi/batampos

batampos.co.id – Kepala Staf Korem 033 Wira Pratama, Kolonel Inf Faharuddin mengatakan saat ini TNI fokus pada modernisasi alutsista, pengembangan organisasi, pembangunan sarana prasarana terutama di pulau-pulau strategi yang disesuaikan dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis dan ketersedian anggaran.

”Pembangunan pulau terluar tentu yang bersifat strategis merupakan salah satu bentuk kebijakan pembangunan kekuatan TNI yang dijadikan pedoman guna mendukung pelaksanaan tugas pokok dan perannya sebagai alat pertahanan negara,” ujar Kepala Staf Korem 033 Wira Pratama, Kolonel Inf Faharuddin dalam upacara HUT TNI ke-71 tahun, di lapangan Pamedan Ahmad Yani, Rabu (5/10/2016), saat membacakan amanat Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo.

Mengenai kesejahteraan prajurit, pemerintah akan meningkatkan kesejahteraan di bidang perumahan yang diwujudkan dalam bentuk pembangunan rumah susun maupun perumahan non dinas melalui program kredit kepemilikan rumah sederhana dan sehat.

”Disamping itu, sejak Oktober 2015 Pemerintah telah menaikkan tunjangan kinerja atau remunerasi yang sangat membantu dalam pemenuhan kebutuhan hidup prajurit keluarganya,” ucap Faharuddin.

Ditegaskannya, setiap prajurit TNI dan PNS TNI dituntut mengedepankan tugas dan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi. Tindakan negatif sekecil apapun akan mengganggu bahkan merusak jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional.

“Prajurit TNI harus selalu peka dan peduli terhadap permasalahan dan mengatasinya dengan turun langsung ke lapangan bersama masyarakat melalui kegiatan bhakti TNI,” tegasnya.

Untuk itu, penyelenggaraan HUT TNI ke 71 ini. Pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilaksanakan sesuai tema pokok yaitu “Bersama Rakyat  TNI Kuat, Hebat, Profesional Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian”.

”Makna yang terkandung di dalam tema tersebut adalah TNI tumbuh dan berkembang, serta berjuang bersama rakyat. Inilah esensi ciri kesejatian TNI, yang tidak boleh pudar di tengah arus globalisasi yang terus bergerak secara dinamis,” ucapnya.

Dalam upacara puncak peringatan HUT TNI di Kepri yang di pusat di lapangan Pamedan, Ahmad Yani, bertindak sebagai Inspektur upacara Kasrem 033 Wira Pratama, Kolonel Inf Faharuddin. Sedangkan Komandan upacara yakni Mayor Inf Renaldy yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Staf Kodim 0316 Batam.

Usai pelaksanaan upacara, dilaksanakan atraksi berupa drama kolosal yang mengisahkan perjuangan Raja Haji Fisabilillah melawan VOC Belanda di Riau. Serta puncak acara diakhiri dengan syukuran dengan pemotongan tumpeng oleh Kasrem, Wadan Lantamal IV dan perwakilan TNI AU yang dilanjutkan dengan panggung prajurit. (ias)

Respon Anda?

komentar