Tiga Bulan Menjabat, Duterte Samai Popularitas Fidel Ramos

665
Pesona Indonesia
Rodrigo Duterte. Foto: philippinefailblog.com
Rodrigo Duterte. Foto: philippinefailblog.com

batampos.co.id – Popularitas Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, telah melonjak selama tiga bulan pertamanya menjadi orang nomor satu di negaranya.

Hasil survei lembaga independen Social Weather Stations yang dirilis Kamis (6/10) menunjukkan sebanyak 76 persen warga Filipina merasa puas dengan kinerja Duterte. Sementara 11 persen tidak puas atau kepuasan menurun. Sisanya ragu-ragu.

Tim polling yang berbasis di Manila ini melakukan survei kepada 1.200 orang dewasa dari 24 hingga 27 September.

Tapi memang, survei ini hanya terkait kinerja di pemerintahan, sebagai presiden, tanpa mengacu lebih dalam kepada perang narkoba ala Duterte.

Menurut BusinessWorld, yang menerbitkan survei Social Weather Stations, hanya satu presiden lainnya yang popularitasnya melonjak luar biasa dalam tiga bulan pertama seperti Duterte sekarang ini, sejak demokrasi di Filipina pulih usai diktator Ferdinand Marcos jatuh pada 1986. Presiden itu adalah Fidel Ramos (1992-1998).

Bagaimana pun, survei ini mencerminkan dukungan kepada sosok Duterte. Di saat Duterte dikecam dunia internasional, rakyat masih menaruh kepercayaan besar padanya. (afp/adk/jpnn)

Respon Anda?

komentar