Musim Penghujan, Ayo Galakkan Gerakan 3M

252
Pesona Indonesia

Nyamuk DBDbatampos.co.id – Hujan dalam skala rendah maupun lebat masih sering turun di Tanjungpinang beberapa waktu terakhir. Cuaca yang cerah kala pagi bukan jaminan tidak terjadi hujan di sore hari. Karena itu tidak menutup kemungkinan terjadi genangan-genangan air di sekitar permukiman warga.

Ini jelas bukan kondisi yang baik. Begitu kata Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang, Rustam. Mengingat kubangan air ini bisa jadi sarang perkembangbiakan nyamuk. Dan nyamuk bisa menjadi sumber penyakit seperti demam berdarah dengue (DBD).

“Tidak boleh tidak, pencegahan pertama yang bisa dilakukan di musim hujan begini adalah menggalakkan kembali gerakan 3M, yakni menutup, menguras, dan mengubur,” imbau Rustam, kemarin.

Pemberantasan sarang nyamuk melalui gerakan 3M, sambung Rustam, adalah cara paling mudah yang dapat dilakukan tanpa mengandalkan tenaga medis. Setiap anggota keluarga dapat melakukannya, termasuk anak-anak. Ia menuturkan, gerakan 3M turut melibatkan anak usia sekolah dalam pelaksanaannya, hal itu dinilai sebagai salah satu upaya pemberdayaan masyarakat untuk lebih peduli demam berdarah.

Rustam menambahkan, 3M menjadi gerakan yang gencar disosialisasikan mengingat sejauh ini masyarakat terlalu terpaku pada sistem pengasapan (fogging) untuk memberantas demam berdarah. Sebagian masyarakat percaya jika fogging dapat menghentikkan pertumbuhan nyamuk Aedes Aegepti.

Padahal, fogging dilakukan hanya untuk membunuh nyamuk dewasa, sedangkan yang perlu diantisipasi adalah jentik nyamuk.

“Fogging bisa membunuh satu nyamuk, tapi tidak bisa membunuh 200 telur nyamuk turunannya. Makanya, lebih dianjurkan untuk melakukan 3M untuk mencegah sekaligus memberantas berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegepti,” jelasnya.

Karena itu pada sejumlah kalangan, Rustam juga mengimbau agar sekiranya kegiatan gotong-royong yang acap dilaksanakan turut menyertakan aktivitas 3M di dalamnya. Sehingga dengan begitu dapat tercipta suasana yang tidak hanya bersih, asri, dan nyaman, tapi juga menyehatkan.

“Kan banyak itu biasanya orang bikin acara gotong royong. Kalau bisa ada 3M-nya, dengan menyisir tempat-tempat yang mungkin saja tergenangi air,” pungkas Rustam. (muf/bpos)

Respon Anda?

komentar