Percetakan Sawah di Lingga Disorot, Presiden Bakal Datang Berkunjung

5073
Pesona Indonesia
Kunjungan Presiden Jokowi didampingi Gubernur Kepri Nurdin Basirun di Natuna. foto:humas pemprov
Kunjungan Presiden Jokowi didampingi Gubernur Kepri Nurdin Basirun di Natuna. November mendatang, Presiden juga direncanakan berkunjung ke Lingga.foto:humas pemprov

batampos.co.id – Isu ketahanan pangan dengan inovasi percetakan sawah organik di Kabupaten Lingga, menjadi semakin hangat. Setelah dicanangkan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman yang beberapa waktu turun langsung ke Lingga, kini giliran orang nomor satu di Indonesia, Presiden RI Joko Widodo yang akan mengunjungi Bunda Tanah Melayu.

Kesahihan informasi ini pun dibenarkan wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar. Dihubungi koran Batam Pos, Nizar membenarkan pada bulan November 2016 mendatang Jokowi akan datang ke Lingga.

“Memang benar. Pak Presiden akan datang ke Lingga bulan November nanti. Untuk tanggal pastinya, kami masih menunggu dari Istana,” ungkap Nizar, Kamis (6/10).

Hingga kini, persiapan dan konsolidasi bersama Gubernur Kepri dan DPRD Kepri, terang Nizar, terus dibangun menyambut orang nomor satu tersebut. Ketertarikan Jokowi menyambangi Lingga, kata Nizar, salah satunya karena program percetakan sawah organik seluas 1.400 hektare di Lingga yang tersebar di 6 desa. Kesungguhan pemerintah daerah bekerjasama dengan TNI AD serta Kementan menjadikan Lingga lumbung padi untuk serangan balik ekspor beras ke negara tetangga seperti yang ditegaskan Andi Amran Sulaiman, disambut hangat Presiden RI ke 7 tersebut.

Selain Presiden, Nizar berharap sejumlah menteri kabinet juga datang ke Lingga menggarap potensi wilayah bekas Kesultanan Lingga ini. Tugu Agrominapolitan yang telah dibangun di Desa Sungai Besar saat kunjungan Mentan beberapa waktu lalu, diharapkan Nizar akan mengangkat Lingga menjadi daerah terbilang yang maju dengan dukungan dan perhatian pemerintah pusat.

Selain kunjungan Presiden, Nizar berharap Menteri KKP Susi Pudjiastuti, Menteri Desa, Pembanguna Daerah Tertinggal Eko Putro Sandjojo, dan Menteri Pariwisata Arief Yahya juga ikut serta ke Lingga mensurvei potensi wilayah 96 persen lautan dengan potensi wisata yang tersebar di 604 pulau yang dimiliki Lingga.

“Kami berharap menteri juga ikut turun khususnya KKP, kementerian Desa dan Daerah tertinggal, Kementrian Pariwisata dan pastinya Kementan untuk turun lagi. Begitu juga, Pak Surya Paloh kami harapkan juga datang ke Lingga,” tutupnya. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar