136 Hektare Lahan Panggak Darat Siap Disulap Jadi Sawah

475
Pesona Indonesia
Menteri Pertanian Andi Amran saat turun menyemai padi di persawahan Lingga. Foto: hasbi/batampos
Menteri Pertanian Andi Amran saat turun menyemai padi di persawahan Lingga. Foto: hasbi/batampos

batampos.co.id – Kepala Desa Panggak Darat, Zulmafriza mengatakan rencana dibukanya lahan sawah 136 hektare di desanya akan segera terealisasi. Hingga kini, pihaknya masih menunggu datangnya alat berat untuk membuka lahan.

Kerjasama antara TNI AD, Kementan RI dan pemerintah daerah, terang Zulmafriza, telah dinanti-nanti warga desa. Kegiatan ini, lanjutnya, merupakan lanjutan percepatan cetak sawah yang tersebar di enam desa di Kabupaten Lingga untuk mencapai target 1.400 hektare pada tahap awal.

“Rencana buka sawah di desa kami (Panggak Darat) jadi. Sekarang masih menunggu alat beratnya dalam perjalanan,” ungkap Zulmafriza.

Adanya percetakan sawah yang nanti akan menjadi pekerjaan warga, dtelah dinanti dan saat ini pihak desa juga telah melakukan persiapan. Pihak desa, mengirimkan sejumlah perwakilan untuk mengikuti pelatihan mengoperasikan traktor dan teknisi di desa Sungai Besar, Kecamatan Lingga Utara, beberapa waktu lalu.

Terapan teknologi modern seperti yang dicanangkan kementrian untuk pengelolaan sawah menghasilkan padi organik, menjadi salah satu syarat kesiapan SDM di desa tersebut. “Masing-masing desa yang mendapat lahan cetak sawah mengirim empat orang utusan,” jelasnya.

Ditargetkan Zulmafriza, pada pekan depan progres pembukaan lahan akan mulai berlangsung.”Mudah-mudahan minggu depan sudah dapat dikerjakan pembukaan lahan. Alatnya langsung dari korem,” tambahnya.

Dengan dibukanya lahan sawah di Panggak Darat, kata Zulmafriza, akan sangat produktif mengelola lahan tidur di desa. Meski baru pertama kalinya warga Desa Panggak Darat mencoba belajar bertanam padi, sumber air bersih yang menjadi syarat lahan sawah cukup potensial di desa tersebut. Masyarakat desa sendiri, kata dia, begitu antusias menyambut program pemerintah ini yang digagas Bupati Lingga Alias Wello.

“Harapan kami ini menjadi sumber kesejahteraan bagi masyarakat Panggak Darat dan Lingga umumnya kedepan” pungkasnya.

Penyebaran program ketahanan pangan Kepri di Lingga tersebut akan dilaksanakan di Desa Bukit Langkap, Kecamatan Lingga Timur, seluas 395 hekatre. Di Lingga Utara, pilot project percetakan sawah Sungai Besar. Di Kecamatan Lingga, terdapat tiga desa yakni Panggak Darat dengan luas 136 hektare, Panggak Laut 154 hektare dan Desa Nerekeh 91 hektare.

Sementara di Pulau Singkep, desa Marok Kecil kecamatan Singkep Selatan seluas 478 Hektare dan desa Resang seluas 254 Hektare. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar