Agustus 2016, Kunjungan Wisatawan Hanya 142.055 Jiwa

1305
Pesona Indonesia
Wisatawan asing saat mengunjungi Tanjungpinang. foto: yusnadi/batampos
Wisatawan asing saat mengunjungi Tanjungpinang. foto: yusnadi/batampos

batampos.co.id – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepri mencatat, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada bulan Agustus 2016 sebanyak 142.055 jiwa. Jumlah ini naik 2,52 persen dari bulan sebelumnya yang hanya mencatat total kunjungan 138.567 jiwa. Namun bila dibandingkan dengan jumlah kunjungan di bulan yang sama pada tahun sebelumnya malah terjadi penurunan.

“Turun sampai 22,87 persen dari tahun lalu,” sebut Kepala BPS Provinsi Kepri, Panusunan Siregar, kemarin.

Kota Batam masih mendominasi sebagai pintu masuk wisman yang melancong ke Kepri. Sebanyak 70,20 persen atau 99.724 orang datang ke Indonesia melalui sejumlah pelabuhan internasional di Batam. “Kalau bicara turis yang datang, masih didominasi warga negara Singapura. Karena jarak mereka dengan Batam yang begitu dekat,” kata Panusunan.

Terpisah, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri, Jumaga Nadeak mengharapkan dari bulan ke bulan terus terjadi peningkatan jumlah kunjungan wisman. Karena bagaimana pun, kata dia, pariwisata masuk dalam skala prioritas pembangunan Kepri ke depannya.

Terlebih di bulan Oktober ini. Jumaga berharap helatan Festival Bahari Kepri yang disejalankan dengan Sail Karimata bisa kian mendongkrak kunjungan wisman. “Itu bulan Oktober banyak sekali acara. Harus kampanye lebih semarak lagi biar lebih banyak turis yang datang,” katanya.

Festival Sungai Carang juga punya kredit sendiri di mata Jumaga. Ia menginginkan agar panitia pelaksana juga ikut mempromosikan kegiatan ini sampai ke luar negeri. “Di Kepri ini kan tidak ada festival sungai. Dan FSC itu bagus sekali. Harus bisa dipromosikan dong biar banyak orang lebih kenal Kepri,” pungkasnya. (aya/bpos)

Respon Anda?

komentar