Bandara Ranai Beroperasi Perdana 12 Oktober, Tepat Hari Jadi Natuna

2748
Pesona Indonesia
Bandara Sipil Ranai. foto:aulia rahman/batampos
Bandara Sipil Ranai. foto:aulia rahman/batampos

batampos.co.id – Terminal Bandara Sipil Ranai belum difungsikan, meski sudah diresmikan oleh Presiden Jokowi kemarin.

Kepala Satuan Pelayanan Bandara Ranai Suroso mengatakan, semestinya terminal Ranai ini sudah mulai dioperasikan sehari setelah diresmikan. Namun belum lengkapnya peralatan pendukung terminal, sehingga pengoperasiannya ditunda.

Menurut Suroso, mengoperasikan terminal bandara sipil Ranai ini membutuhkan waktu persiapan. Paling tidak satu minggu lagi baru bisa difungsikan.

“Sementara maskapai masih menggunakan terminal Lanud Ranai. Tapi kami optimalkan secepatnya memindahkan peralatan di terminal lama ke terminal sipil,” kata Suroso.

Dikatakannya, pihak bandara berkoordinasi dengan TNI AU dan airline dalam pemindahan terminal ini. Rencananya akan perdana difungsikan pada 12 Oktober mendatang.

“Memang pemerintah daerah inginnya, perdana penggunaan terminal bandara sipil pada hari jadi Kabupaten Natuna pada 12 Oktober,” kata Suroso.

Dikatakan Suroso, untuk sementara Bandara Sipil Ranai belum sepenuhnya dikelola Kementerian Perhubungan. Karena belum dilaksanakan hibah keseluruhan penggunaan kawasan bandara.

Saat ini TNI AU baru menghibahkan sekitar terminal seluas 14 hektare lebih. Belum masuk kawasan kawasan bandara keseluruhan. Sehingga status terminal masih satuan pelayanan, nantinya akan ditingkatkan menjadi UPBU.

“Sekarang pengelolaan runway masih TNI AU. Tapi kami upayakan menambah slot time penerbangan ke Natuna, supaya ada kompetisi harga tiket,” kata Suroso.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar