Bunda, Hindarkan Anak dari Kejahatan Seksual dengan 7 Cara Ini

683
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Kasus pelecehan seksual pada anak yang semakin marak belakangan ini membuat para orang tua khawatir.

Banyak anak laki-laki dan perempuan di seluruh dunia telah menjadi korban pelecehan. Kondisi ini membuat miris dan menyayat hati orangtua.

Terlebih lagi pelakunya justru banyak dari lingkungan dekat si anak sendiri. Bukan hanya lingkungan di rumah, sekolah pun menjadi tempat tak aman bagi anak.

Lalu apa yang harus dilakukan orang tua untuk menghindari tindak pelecehan terhadap anak?

Dilansir Boldsky, inilah tujuh hal yang harus dilakukan para orang tua untuk melindungi anak dari tindak pelecehan seksual.

1. Berdasarkan umur anak Anda, berikan pengenalan dasar tentang edukasi seksual misalnya sejumlah pemberitaan di televisi.

2. Orangtua penting untuk menciptakan persahabatan dan ikatan dengan buah hati. Sehingga anak-anak tidak takut saat bercerita dengan orangtua.

3. Tips lain untuk mendidik anak-anak tentang pelecehan seksual adalah dengan membuat mereka bersikap terbuka tentang isu-isu yang berkaitan dengan pelecehan. Jangan pernah menuduh atau menyalahkan anak sehingga mereka tidak akan takut untuk memberitahu Anda.

4. Yakinkan anak untuk jangan pernah menerima barang apa saja dari orang tak dikenal. Salah satunya berpura-pura menjemput anak saat pulang sekolah.

5. Berikan pemahaman batasan bagian tubuh yang tidak boleh disentuh apalagi oleh orang tak dikenal.

6. Ajarkan anak untuk membagi rahasia mereka pada Anda. Banyak pelaku predator anak meminta anak untuk merahasiakan hal itu pada siapa saja.

7. Ajarkan anak berkata tidak dalam setiap situasi dimana mereka tidak nyaman atau ketakutan terutama saat berhadapan dengan orang tak dikenal. (cr1/JPG)

Respon Anda?

komentar