Oktober – Desember 2016, Bali Tawarkan Kegiatan Menarik

540
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

Punya rencana jalan-jalan ke Bali akhir tahun 2016 ini? Pas, sekali pilihan Anda.

Bali punya banyak even menarik yang bisa dinikmati di periode Oktober – Desember 2016. Tidak perlu khawatir, atraksi selama liburan di Pulau Dewata pasti akan membuat suasana refreshing Anda semakin asyik.

“Bali punya calendar of event yang banyak. Masih banyak acara meriah nan padat yang masih bisa disambangi,” terang Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Anak Agung Gede Yuniartha Putra, Kamis (6/10).

Agung sudah menyiapkan panduannya. Tinggal pilih saja, budaya, sport, kuliner, yang skalanya nasional, internasional, semua ada. Bagi komunitas vegetarian, ada Bali Vegan Festival 2016 yang bisa dinikmati. Acaranya digelar 7-9 Oktober 2016. Lokasinya, Paradiso Ubud, Jalan Goutama Selatan, Ubud. Acara ini merupakan pertemuan terbesar komunitas vegetarian di Indonesia.

Kemasan acaranya? Sangat menyenangkan, dan tidak bikin bete. Selama tiga hari, acara akan diisi live band, lokakarya yoga, talkshow, serta suguhan menu sehat masakan vegetarian dunia.

Yang suka new wave, disko asli Jamaika? Ada Grace Jones Live at Potato Head Beach Club Bali yang bisa dinikmati. Acaranya digelar Sabtu, 8 Oktober 2016 di Potato Head Beach Club, Seminyak, Bali. Rencananya, Grace Jones akan tampil bersama DJ asal London, Inggris, DJ Harvey.

Yang suka seni? Mampirlah ke Nusa Dua. Ada Nusa Dua Fiesta yang bisa dinikmati selama lima hari. Acaranya digelar 9-13 Oktober 2016. Lokasinya, Kompleks Bali Tourism Development Corporation (BTDC), kawasan Nusa Dua. Anda bisa menyaksikan pameran bonsai dan mobil antik. Setelah itu, ada suguhan parade semua resort bintang lima di kompleks BTDC Nusa Dua yang bisa dinikmati. Selain itu, ada kompetisi mixology dimana Anda dapat mencicipi minuman racikan bartender terbaik di Pulau Bali.

Masih belum puas? Cobalah sambangi An Extraordinary Moonlight Dinner. Anda bisa menikmati kuliner lezat di bawah bintang-bintang. Suasananya dijamin ngangenin karena sajian kulinernya bisa dinikmati di bibir pantai yang tak jauh dari St. Regis Bali Resort dan The Laguna Resort & Spa. Yang ingin ke sini, silahkan datang ke St. Regis Bali Resort, Selatan-Bali, 15 Oktober 2016.

Yang ingin menikmati sajian kultur budaya yang kuat, ada  Tirta Empul Temple Piodalan Anniversary yang bisa dikunjungi. Acaranya digelar 15 Oktober 2016. Lokasinya, Desa Manukaya, Tampaksiring, Gianyar. Di sini Anda bisa bisa merasakan sensasi memabasuh diri dengan pancuran air suci yang lokasinya bersebelahan dengan Istana Tampaksiring,

Setelah itu, ada Festival Pantai Lovina yang bisa dinikmati 25-29 Oktober 2016. Lokasnya, di  kawasan Pantai Kalibukbuk. Festival ini membuat pengunjungnya mengenal lebih jauh sisi pantai Lovina yang tersohor itu.

Yang ingin liburan sambil belajar nulis dan meningkatkan minat baca? Ubud Writers & Readers Festival solusinya. Acaranya dipastikan siap menyapa di 26-30 Oktober 2016. Lokasinya, di beberapa kawasan Ubud

Yang suka sport tourism? Cobalah jajal Sunset Run di Seminyak. Acaranya bakal digelar 29 Oktober 2016. Di sini Anda akan diajak lari 3km di sepanjang rute pantai Seminyak yang eksotis. Hasil dari kegiatan ini, akan disumbangkan ke dua organisasi non-profit di Bali. Yang pertama, The Suryani Institute for Mental Illness yang berdedikasi untuk memperbaiki sistem kesehatan mental di Bali. Satunya lagi Yayasan Senyum Bali yang menyediakan bantuan medis untuk orang-orang cacat kraniofasial.

Di 26 November 2016, ada Tumpek Kandang yang bisa dinikmati. Di Bali, Tumpek Kandang adalah hari istimewa yang penuh dengan berkah khusus untuk hewan, ternak dan hewan peliharaan. Berbagai persembahan dibuat untuk dewa Hindu Rudra untuk sukses pertanian dan kesejahteraan hewan, yang bertujuan untuk harmoni lingkungan dan yang berkontribusi terhadap rezeki manusia dan kebahagiaan.

Dan di penghujung tahun, ada Natal yang juga bisa dinikmati di Bali. Sensasi Natal di Bali punya warna beda. Selama Natal, umat kristiani Bali berkumpul di gereja-gereja unik yang memadukan fitur arsitektur tradisional Bali.

Puncaknya, adalah  Festival Malam Tahun Baru. Acaranya digelar mulai 31 Desember 2016 hingga malam pergantian tahun. Akan ada banyak pesta yang bisa dinikmati di seluruh pelosok Bali. Parade kembang api warna warni bak Opening dan Closing Ceremony Olimpiade bisa dinikmati di Pulau Dewata ini.  “Jadi evennya masih sangat banyak. Silahkan pilih yang Anda suka. Silahkan berlibur ke Bali. Ada banyak even yang bisa dinikmati hingga akhir tahun,” pungkas Agung.

Menpar Arief Yahya menyebut Bali itu sudah destinasi kelas dunia. Di seluruh penjuru mata angin, di ujung dunia pun orang sudah mengenal Bali sebagai pulau dewata yang indah dan cantik. “Diperkuat dengan data bahwa 40% wisatawan mancanegara itu masuk dari pintu Bali,” ungkap Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI. Sebagai destinasi utama, Bali memang paling siap dalam 3A, atraksi, amenitas dan akses-nya. (*)

Respon Anda?

komentar