Wisatawan Ditantang Joget Dangkung

1533
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Perhelatan pariwisata akbar di Provinsi Kepri, yakni Festival Bahari Kepri (FBK) yang merupakan rangkaian Sail Karimata 2016 akan bermula 20 Oktober nanti. Pada acara puncak 29 Oktober mendatang, Panitia akan menampilkan kesenian tradisional Kepri, Joget Dangkung.

“Kami terus mematangkan persiapan. Termasuk konten-konten yang akan tampilkan pada acara puncak nanti,” ujar Koordinator Acara Puncak FBK, Buralimar, Jumat (7/10) di Tanjungpinang.

Salah satu konten yang ditampilkan pada malam puncak FBK nanti adalah, hiburan tradisonal Kepri. Yakni joget dangkung. Menurut Buralimar, momen itu nanti menjadi sesuatu yang sangat istimewa. Pasalnya, wisatawan yang datang, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara bisa ikut berdangkung bersama.

Masih kata Buralimar, untuk kegiatan puncak memang sudah disusun dengan rapi. Mulai dari flypass pesawat tempur TNI AU, paramotor TNI AU. Disebutkannya juga, sebelum masuknya orkestra senja, akan disuguhkan penampilan sejumlah budayawan tanah air, seperti Husnizar Hood, Ramon Damora , Teja Al Hab, dan Sutardji CB.

“Ada juga nanti tari kolosal yang mengangkat tema” Syair Nakhoda”. Untuk persembahan tari kolosal itu nanti, persiapan kita terus dimatangkan,” papar Buralimar.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Kepri tersebut, juga mengatakan selain itu ada juga hiburan Orchestra Senja oleh Samudra Ensamble yang akan membawakan lagu-lagu bernuansa bahari. Seperti diketahui, Samudera Ensamble merupakan binaan Dinas Pariwisata Kepri, dibawah pimpinan Guntur Sakti.

“Pada kegiatan puncak nanti, ada juga persembahan tari kreasi dari Dewan Kesenian Provinsi Kepri,” tutup Buralimar.

Terpisah, Ketua Harian FBK, Guntur Sakti yang merupakan Kadispar Kepri tersebut mengatakan, even-even yang ditampilkan pada puncak FBK nanti adalah untuk memanjakan wisman dan wisnus yang ada ke Kepri, Tanjungpinang khususnya.

“Apa yang kita harapkan adalah, kita ingin menunjukan Kepri merupakan daerah yang bersahabat dengan turis. Kami juga akan mengundang para yachter yang datang untuk sama-sama terlibat langsung pada kegiatan itu nanti,” ujar Guntur.

Ditambahkannya, ada beberapa konten wisata yang rencananya akan melibatkan wisman dan wisnus secara langsung. Seperti pelepasan 1.000 sky lanter ke langit. Selain itu kegiatan lainnya adalah ikut bersama-sama dalam parade kapal hias Sungai Carang.

“Bagaimana teknisnya nanti, akan kita koordinasikan lebih lanjut. Kita ingin baik wisman maupun wisnus yang ada benar-benar menikmati dan menyelami pariwisata Kepri,” papar Guntur.(jpg/bpos)

Respon Anda?

komentar