378 Orang Manfaatkan Layanan Kunjungan Serentak di Rutan Tanjungpinang

412
Pesona Indonesia
Sejumlah Keluarga Warga Binaan Bercengkerama dengan keluarganya di Rutan Tanjungpinang, F Humas Rutan Tanjungpinang untuk Batam Pos
Sejumlah Keluarga Warga Binaan bercengkerama dengan keluarganya di Rutan Tanjungpinang. Foto: Humas Rutan Tanjungpinang untuk Batam Pos

batampos.co.id – Sebanyak 378 orang mendatangi Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IA Tanjungpinang, Minggu (9/10) pagi. Mereka memanfaatkan layanan kunjungan serentak dalam rangka HUT Dharma Karya Dhika Kemenkumham ke 71 tahun, untuk bertemu dengan keluarganya yang di tahan di Rutan.

”Kegiatan ini serentak dilakukan di seluruh Rutan, Lapas dan Lembaga Pembinaan Khusus anak (LPKA) se Indonesia. Kegiatan ini dibuka oleh Menteri Hukum dan HAM RI dan disiarkan secara langsung dengan menggunakan aplikasi zoom,” ujar kepala Rutan Kelas IA Tanjungpinang, Ronny Widiatmoko.

Dikatakan Ronny, selain layanan kunjungan serentak., kegiatan lainnya yakni pembekalan revolusi mental kepada Warga Binaan (WB) berupa ceramah wawasan kebangsaan yang diisi oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan dipusatkan di Rutan Kelas I Cipinang.

”Tema peringatan hari Dharma Karya Dhika tahun ini yakni ”Sehari Bersama Mereka”. Untuk pembekalan Revolusi Mental, itu disiarkn secara langsung melalui teleconference ke seluruh Rutan dan Lapas,” kata Ronny.

Dijelaskan Ronny, pihaknya berharap dengan diberinya kesempatan warga binaan berkumpul dengan keluarganya tersebut, dapat dimanfaatkan untuk introspeksi diri, perbaikan diri agar kedepannya dapat lebih baik.

”Warga binaan adalah sumber daya manusia potensial, walaupun mereka tidak berada langsung ditengah-tengah masyarakat. Rasa kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama tidak bisa dihalangi oleh tebal dan tingginya tembok penjara,” ucap Ronny.

Dalam kegiatan layanan kunjungan serentak, terang Ronny, pihaknya dibantu oleh 30 personil Polres Tanjungpinang. Penjagaan secara ketat sebagai antisipasi agar kegiatan ini berjalan dengan aman dan nyaman.

”Adapun warga binaan yang dikunjungi keluarganya sebanyak 151 orang. Sedangkan keluarga warga binaan yang memanfaatkan layanan kunjungan serentak ini sebanyaak 378 orang,” pungkasnya.(ias/bpos)

Respon Anda?

komentar