40 Warga Pesisir Lingga Dapat Bantuan Rehabilitasi RTLH

394
Pesona Indonesia
Muslim menunjukkan RTLH yang belum selesai dibangun. Tahun ini Dinsosnakertrans akan memberikan bantuan UEP yang disejalankan dengan bantuan RTLH. foto:wijaya satria/batampos
Muslim menunjukkan RTLH yang belum selesai dibangun. Tahun ini warga pesisir Lingga mendapat bantuan RTLH. foto:wijaya satria/batampos

batampos.co.id – Diperkirakan pada tahun ini, 40 warga pesisir yang dinilai kurang mampu mendapat bantuan program rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) berbentuk dana tunai yang digelontorkan langsung oleh Kementerian Sosial RI. Masing-masing Kepala Kekuarga (KK) mendapat uang tunai sebesar Rp 15 juta.

Data yang diterima koran Batam Pos, warga yang mendapat bantuan tersebut yakni, enam rutilahu yang berada di Desa Belungkur, tujuh rumah warga Desa Teluk, enam rumah lainnya di Desa Duara. Desa Rantaupanjang juga mendapat bantuan untuk enam Rutilahu dan enam rutilahu lainnya di Desa Sungai Besar. Total keseluruhan mencapai 40 unit rutilahu yang mendapat bantuan.

Dana tersebut dimaksudkan Kemensos adalah sebagai program gotongroyong, saling membantu bagi masyarakat yang mendapat bantuan untuk membangun rumah mereka sesuai dengan RAB yang telah ditentukan. Karena dalam program ini tidak mencantumkan dana upah pembangunan rumah.

“Sebelumnya dana yang akan digelontorkan sebesar Rp 20 juta. Namun Pemerintah Pusat dalam program efisiensi,” kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lingga H Muslim ketika ditemui di Dabo Singkep, Minggu (9/10) pagi.

Ditanya tentang waktu program ini berjalan, Muslim menjawab, program rutilahu dari Kementerian Sosial ini diperkirakan berjalan pada Oktober tahun ini. Namun Muslim juga masih menunggu kepastian pencairan dana tersebut kapan dapat diambil langsung oleh masyarakat.

Muslim juga memastikan jika data warga dan seluruh administrasi kependudukan para penerima bantuan tersebut telah lengkap dan telah diterima Kementerian Sosial RI. Saat ini penerima tinggal menunggu waktu pencairan dana tersebut.

Selain itu Muslim juga menambahkan, untuk tahun depan, Dinsosnakertrans Kabupaten Lingga telah mengusulkan bantuan rutilahu ke Kemensos khusus untuk warga pesisir di Pulau Singkep. Karena pada tahun ini, seluruh penerima bantuan rutilahu berasal dari pesisir Pulau Daik.

“Saya sarankan bagi warga yang hendak mendapat bantuan agar mempersiapkan kelengkapan administrasi kependudukan. Itu syarat mutlak,” tutup Muslim. (wsa/bpos)

Respon Anda?

komentar