Arif Jadi Sekda Pemprov Kepri, Bupati Karimun Segera Pilih Sekda Baru

737
Pesona Indonesia
Bupati Karimun Aunur Rafiq. foto:tri haryono/batampos
Bupati Karimun Aunur Rafiq. foto:tri haryono/batampos

batampos.co.id – Dilantiknya TS Arif Fadillah sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri hari ini, Senin (10/10), menyebabkan kekosongan jabatan Sekda Kabupaten Karimun. Untuk itu, dalam pekan ini Pemerintah Kabupaten Karimun segera membentuk panitia seleksi (Pansel) pemilihan sekda baru.

”Sesuai dengan rencana kita beberapa waktu lalu, bahwa jika memang Sekda Karimun terpilih menkjadi Sekda Kepri, maka akan langsung dibentuk Pansel. Hanya saja, meski membentuk Pansel, namun tidak dibuka pendaftaran untuk bakal calon Sekda. Melainkan, kita akan ambil tiga orang yang meraih nilai terbaik berdasarkan asesmen eselon dua yang pernah dilakukan pada Juni lalu,” ujar Bupati Karimun, Aunur Rafiq kepada koran Batam Pos, Sabtu (8/10).

Untuk Ketua Pansel, kata Rafiq, sesuai dengan peraturan yang berlaku tidak diperbolehklan bupati atau wakil bupati. Melainkan, harus dipimpin oleh pejabat eselon satu. Hanya saja di Karimun tidak ada pejabat eselon satu. Sehingga, akan diambil pejabat dari Provinsi Kepri. Salah satu pejabat yang dimaksud adalah TS Arif Fadillah. Karena, dengan pososi jabatan sebagai sekda provinsi, maka sudah mencukupi persyaratan.

Siapa saja tiga pejabat eselon dua yang akan mengikuti seleksi? Rafiq menyebutkan, nanti pada saat sudah mulai dilaksanakan seleksi akan diketahui siapa saja. ”Belum bisa saya sebutkan sekarang siapa saja, karena tiga pejabat tersebut akan dilihat dulu nilai yang diperoleh yang diberikan oleh tim asesmen. Yang jelas, untuk menduduki jabatan sekda tentu saja orang yang mampu dan sudah memiliki pengalaman dibidang administrasi,” jelasnya.

Dilanjutkan Rafiq, dengan kekosongan jabatan sekda sudah tentu jabatan Sekda Kairmun harus tetap ada pejabat pelaksana tugas (Plt) untuk menjalankan tugas-tugas sebagai sekda. Sesuai dengan kondisi di Sekretariat Kantor Bupati Karimun, hanya jabatan asisten tiga saja yang bukan dijabat oleh Plt. Sedangkan, asisten satu dan dua dijabat oleh Plt, karena pejabat yang lama sudah pensiun. Sehingga, tidak ada pejabat lain kecuali asisten tiga.

Informasi yang dihimpun koran Batam Pos, tiga orang pejabat eselon dua yang memiliki nilai terbaik dan bakal mengikuti seleksi calon Sekda Karimun terdiri dari Kamarulazi yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan kepegawaian Daerah (BKD). Kemudian, ada Kepala Dinas pendatan Daerah (Dispenda) M Firmansyah dan terakhir Kepala Badan Pengelolaan Kawasan Perbasatan, Suwedi. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar