Kain Cual, Batik Khas Anambas

465
Pesona Indonesia
Kain Cual khas Anambas. foto:net
Kain Cual asal Anambas. foto:net

batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas memiliki produk khusus yakni kain cual. Kain cual itu sendiri berasal dari Kecamatan Siantan dan diciptakan langsung oleh putri daerah yakni Halimah pada tahun 1864. Untuk lebih dikenal masyarakat luar daerah bahkan hingga Internasional, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) memiliki motivasi untuk mempromosikan kain cual asal Anambas.

“Kain cual perlu dipromosikan di setiap kegiatan yang digelar oleh pemerintah daerah maupun pihak swasta. Kita targetkan kedepannya akan melakukan pelatihan bagi masyarakat yang memiliki seni dalam menenun kain itu,” kata Ketua Dekranasda Kabupaten Kepulauan Anambas Heryana, Senin (10/10).

Menurutnya, kain cual cukup memiliki potensi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, jika dilakukan dengan baik dan profesional. Ia mengaku hingga kini daya minat masyarakat untuk bekerja sebagai penenun sangat minim, sehingga pihaknya untuk memperoleh bahan produksi harus mencetak di Pekalongan.

Tahun ini jenis yang dikeluarkan oleh Dekranasda ada dua yakni Lebah Bergantung dan Ikan Sekawan. Ia juga telah menganjurkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Anambas untuk mengenakan batik cual pada hari-hari tertentu.

Hal itu tidak bersifat memaksa tapi berlaku bagi yang mampu. Artinya tidak ada pemaksaan terhadap ASN untuk memiliki kain cual tersebut. “Itu bagian dari memotivasi dan menghargai hasil karya ciptaan dari putri daerah,” jelasnya.

Hasil karya tersebut, katanya, telah dipatenkan pada tanggal 17 November 2011 silam. Sejak saat itu permintaan akan kain cual terus meningkat. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan kain cual itu sangat mudah, cukup mendatangi rumah Dekranasda dan pusat-pusat promosi wisata lainnya di kota Terempa.

“Kain cual sudah kita patenkan. Alhamdulilah saat ini banyak pesanan dari sejumlah konsumen,” pungkasnya. (sya/bpos)

Respon Anda?

komentar