Radio Bintan 96.5 FM Gelar Lomba Baca Puisi Khusus Pelajar

617
Pesona Indonesia
Dirut Radio Bintan 96.5 FM sedang menyiarkan informasi kegiatan lomba puisi secara langsung di Studio Radio Bintan 96.5 FM, di Jalan Tata Bumi, Ceruk ijuk, Kecamatan Toapaya, Senin (10/10). Foto: Humas Pemkab Bintan
Dirut Radio Bintan 96.5 FM sedang menyiarkan informasi kegiatan lomba puisi secara langsung di Studio Radio Bintan 96.5 FM, di Jalan Tata Bumi, Ceruk ijuk, Kecamatan Toapaya, Senin (10/10). Foto: Humas Pemkab Bintan

batampos.co.id – Lembaga penyiaran publik lokal milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan, Radio Bintan 96.5 FM menggelar lomba puisi tingkat SMA sederajat se Kabupaten Bintan tahun ini. Lomba membaca puisi itu akan dihelat di Aula Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan pada 20 Oktober mendatang.

“Tak hanya SMA di Bintan saja yang boleh meramaikan perlombaan ini. Kami juga memberikan kesempatan bagi pelajar di Tanjungpinang untuk ikut berlomba,” ujar Direktur Radio Bintan 96.5 FM, Mohammad Zamir Ambiya ketika ditemui di Studio Radio Bintan 96.5 FM di Jalan Tata Bumi, Ceruk ijuk, Kecamatan Toapaya, Senin (10/10).

“Pendaftarannya tidak dipungut biaya alias gratis. Yang penting berani tampil untuk baca puisi,” katanya.

Agar perlombaan ini ramai diikuti pelajar, lanjutnya, Radio Bintan 96.5 FM juga mengundang secara resmi seluruh sekolahan tingkat SMA yang ada di Kabupaten Bintan-Tanjungpinang. Undangan resmi itu akan dikirmnya melalui surat pemberitahuan sekaligus undangan yang berisikan permintaan pengiriman peserta lomba dari masing-masing sekolahan.

Untuk perlombaannya, kata dia, panitia telah menyediakan 10 tema puisi. Jadi tema-tema puisi yang disediakan itulah yang dibacakan oleh para peserta. Panitia juga memberikan kebebasan peserta untuk memilih tema puisi yang disukai.

“Kami minta setiap sekolah untuk mengirimkan perwakilannya. Maksimal 4 orang yaitu dua orang putra dan 2 orang putri,” akunya.

“Peserta bebas memilih salah satu puisi dari 10 tema yang disediakan. Bagi yang menang akan kita berikan hadiah puluhan juta rupiah,” jelasnya.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Bintan, Hasfi Handra mengatakan perlombaan ini merupakan ajang pencarian bakat seniman muda dibidang sastrawan.

“Melalui ajang ini kita bisa mencari generasi penerus untuk menjadi para penyair,” ucapnya.

Dikatakannya, banyak para generasi muda yang gemar dengan dunia puisi. Baik itu sekedar pembaca maupun pencipta. Namun bakat seperti itu harus didukung oleh pemerintah. Salah satunya dengan menyediakan wadah untuk menyalurkan bakat-bakat kesenian yang dimiliki generasi muda.

Lomba puisi ini, Kata dia, bisa menjadi wadah generasi muda untuk mengekspresikan bakat-bakat yang dimiliki. Kemudian juga bisa menciptakan generasi muda untuk mencintai seni puisi serta meningkatkan kreatifitas penyair-penyair muda yang handal.

“Kami berharap generasi muda daerah dapat menjadi penyair terkenal. Seperti Presiden Penyair Indonesia, Sutardji Calzoum Bachri,” harapnya.

“Kedepannya Radio Bintan 96.5 FM akan membuat kegiatan-kegiatan lainnya yang berhubungan dengan dunia pendidikan serta kesenian dan kebudayaan,” ungkap Hasfi yang juga menjabat sebagai Dirut Radio Bintan 96.5 FM itu. (ary/bpos)

Respon Anda?

komentar