Senator Kepri Bakal Calon Ketua DPD RI

351
Pesona Indonesia
Anggota DPD RI asal Kepri, Hardi S Hood.
Anggota DPD RI asal Kepri, Hardi S Hood.

batampos.co.id – Sejumlah senator mulai disiapkan untuk menggantikan posisi Irman Gusman sebagai Ketua DPD RI. Dari wilayah Indonesia Barat, nama senator asal Kepri, Hardy Selamat Hood, merupakan bakal calon (balon) yang cukup dijagokan.

Nama Hardi muncul setelah melalui musyawarah yang digelar seluruh senator dari wilayah Indonesia Barat, Senin (10/10). Selain dia, ada 11 senator lainnya yang akan dipilih menjadi calon Ketua DPD RI menggantikan Irman yang resmi dicopot pada Rabu (5/10) lalu.

“Dari wilayah barat ada 12 nama, termasuk saya. Besok (hari ini, red) akan dibuat aturan pemilihannya,” kata Hardi, tadi malam (10/10).

Menurut dia, ada dua versi aturan yang akan digodok hari ini. Pertama, setiap lima dari total 40 senator dari wilayah Indonesia Barat atau Sumatera mencalonkan satu orang. Atau, masing-masing senator mencalonkan satu nama. Selanjutnya akan dipilih satu dari dua bakal calon dengan suara terbanyak.

Meski baru tahap konsolidasi, Hardi mengaku sudah mengantongi restu dari sejumlah senator dari wilayah Sumatera. Dia optimistis bakal dijadikan calon Ketua DPD dari wilayah Indonesia Barat.

“Tapi saya belum bicara soal dukungan ya,” katanya.

Namun saat ditanya kesiapannya, Hardi mengaku sudah menginventarisir sejumlah prioritas kerja jika kelak dia terpilih menjadi Ketua DPD. Pertama, kata dia, perlu ditingkatkannya keharmonisan antaranggota DPD.

“Apalagi kami akan membahas amandemen kelima UU 45. Jadi anggota harus solid,” katanya.

Prioritas kedua, lanjut Hardi, adalah merealisasikan aspirasi masyarakat yang selama ini disampaikan kepada para senator. Baik melalui reses, kunjungan kerja, maupun rapat dengar pendapat (RDP) yang digelar DPD.

“Itu tugas-tugas yang akan saya utamakan jika nanti terpilih jadi ketua DPD,” katanya lagi.

Sementara Ketua Rapat Konsolidasi DPD wilayah Indonesia Barat, Fachrul Razi, mengatakan dari rapat kemarin diputuskan ada 12 bakal calon yang akan diajukan di rapat paripurna, hari ini (11/10).

“Berdasarkan hasil rapat tadi dengan kekeluargaan sangat tinggi kemudian solidaritas luar biasa. Ada tiga hal proses hukum berjalan kemudian penegakan tata tertib kemudian soliditas untuk memilih Ketua DPD RI,” kata Fachrul, kemarin (10/10).

“12 calon ini akan melakukan persyaratan administrasi untuk mendaftar, meneken pakta integritas dan nanti dalam pleno akan mengajukan visi dan misi,” sambung dia.

Sebelum diadakan mekanisme pemilihan, dalam rapat paripurna hari ini pertama-tama akan membahas tata tertib pemilihan. Mengacu tatib, kata Fachrul, mekanisme pemilihan didahului dengan musyawarah untuk mencapai mufakat.

“Besok kita pertama akan sepakati tata tertib pemilihan,” kata dia.

Fachrul menjelaskan, siapapun yang akan terpilih menggantikan posisi Irman Gusman, hanya akan menjadi ketua DPD sampai Maret 2017. Sebab menurut tata tertib yang baru, masa jabatan pimpinan DPD hanya 2,5 tahun. Artinya, sisa masa jabatan bagi pengganti Irman Gusman tinggal enam bulan lagi.

“Nanti di 2017 akan ada pemilihan Ketua DPD periode selanjutnya. Jadi pemilihan besok hanya untuk mengisi kekosongan Irman Gusman,” paparnya.

Selain Hardi S Hood, ada 11 nama senator yang masuk dalam daftar bakal calon Ketua DPD dari wilayah Indonesia Barat. Yakni M. Syukur (Jambi), Insyawati Ayus (Riau), Darmayanti Lubis (Sumut), Ahmad Kannedy (Bengkulu), Hudarni Rani (Babel), Novi Chandra (Sumbar), Parlindungan Purba (Sumut), Andi Surya (Lampung), Asmawati (Sumsel), Fachrul Razi (Aceh) dan Abdul Gafar Usman dari Riau. (she/jpgrup)

Respon Anda?

komentar