Bupati Karimun Masih Mencari Penjabat Plt Sekda

355
Pesona Indonesia
Bupati Karimun, Aunur Rafiq. foto:tri haryono/batamposI
Bupati Karimun, Aunur Rafiq. foto:tri haryono/batamposI

batampos.co.id – Sejak TS Arief Fadillah resmi dilantik menjadi Sekda Provinsi Kepri, jabatan Sekda Kabupaten Karimun mengalami kekosongan. Bupati Karimun masih belum menentukan siapa pejabat yang akan menduduki jabatan penting di Pemerintah Kabupaten Karimun.

”Saat ini memang jabatan Sekda kita masih kosong pasca dilantiknya Pak Arif menjadi Sekda provinsi. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, kekosongan jabatan tersebut tidak boleh lama-lama. Karena, posisi jabatan tersebut termasuk yang penting untuk roda pemerintahan. Sehingga, sebelum ada pejabat Sekda kabupaten yang baru, maka kita akan menempatkan seoarang pelaksana tugas,” ujar Bupati Karimun, Aunur Rafiq kepada koran Batam Pos, Selasa (11/10).

Meski hanya bertugas sebagai pejabat sementara, katanya, dia tetap akan melihat dan menilai kinerja seorang pejabat yang akan menempati pelaksana tugas Sekda tentunya harus mengerti dan memahami tentang administrasi. Selain itu, sebagai pejabat sementara tentu saja ada batas-batas yang mana boleh dilakukan dan mana yang tidak.

“Kita sedang mempertimbangkan siapa saja yang layak untuk menjabat sebagai Plt Sekda dan Insya Allah dalam pekan ini sudah ada orangnya. Sekaligus dengan surat keputusan (SK) pembentukan panitia seleksi (Pansel) Sekda Karimun baru sudah ada. Dan, mengenai siapa yang akan menjadi ketuanya tentunya harus pejabat eselon I. Untuk itu, saya sudah minta Sekda provinsi untuk menjadi ketuanya dan yang bersangkutan bersedia untuk membantu,” paparnya.

Dilanjutkan Bupati, pansel yang dibentuk nanti tinggal melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap tiga orang pejabat yang memiliki nilai tertinggi satu, dua dan tiga berdasarkan hasil asesmen eselon dua yang dilaksanakan beberapa bulan lalu. Artinya, tidak ada pendaftaran untuk bakal calon Sekda Karimun dan pesertanya cukup tiga orang pejabat yang memperoleh hasil terbaik. Dengan demikian bisa menghemat waktu dan bisa segera menetapkan Sekda yang baru. Siapa saja pejabat yang akan mengikuti seleksi Sekda belum bisa disebutkan sekarang, tunggu sampai pekan depan.

Sekda Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah yang dihubungi secara terpisah membenarkan bahwa Bupati Karimun telah meminta dirinya untuk menjadi Ketua Pansel Sekda Karimun. ”Kalau untuk Karimun saya selalu siap. Bahkan, menjadi prioritas saya untuk melaksanakan permintaan tersebut. Apalagi, keperluannya penting dan memang harus segera. Mengiungat tugas-tugas Sekda cukup banyak,” ungkapnya. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar