BP Batam Ramaikan Trade Expo Indonesia 2016

484
Pesona Indonesia

bp-batamBadan Pengusahaan Batam berpartisipasi dalam Pameran Trade Expo 2016.

Pameran ini dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada hari Rabu (12/10), bertempat di Jiexpo Kemayoran Jakarta.

Adapun pembukaan acara tahunan Kementerian Perdagangan ke 31 yang mengusung tema  Trade with Remarkable Indonesia, dihadiri Menteri Koordinator Bid Perekonomian Darmin Nasution,  Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Duta Besar Negara Sahabat, Konsul Jenderal Negara Sahabat, 1100 tenant dan buyers internasional di bidang perdagangan.

‎Pada TEI ke-31 ini, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan menampilkan 1.100 perusahaan nasional sebagai peserta pameran termasuk Badan Pengusahaan Batam dan mendatangkan 14.700 orang buyer. Ribuan produk unggulan Indonesia ditampilkan dalam pameran dagang yang bakal dihadiri tak kurang dari 119 negara ini.

Dalam laporannya didepan Presiden, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menargetkan kegiatan ini dapat menghasilkan transaksi langsung dan terbentuknya hubungan bisnis jangka panjang antara Indonesia dan buyer internasional ditengah lesunya perekonomian dunia.

Kementerian perdagangan berkomitmen untuk terus menguatkan posisi perdagangan Indonesia dalam sektor ekspor internasional dan menyiapkan pasar untuk menembus pasar Eropa. Dirinya berharap akan semakin banyak business agreement atau perjanjian bisnis yang akan dibuat antara exporters Indonesia dengan buyers dari negara lain.

Dia mengatakan, menghadapi situasi global yang belum menentu, maka Indonesia harus berani masuk dan penetrasi ke pasar yang selama ini tidak pernah dilirik. Selain Eropa, Afrika, Jokowi juga meminta pemerintah untuk melakukan penetrasi pasar ke India, Amerika Latin, dan Timur Tengah.

Senada dengan harapan tersebut, Anggota5/Deputi bidang pelayanan umum BP Batam Gusmardi Bustami yang hadir dalam acara tersebut menjelaskan bahwa saatnya BP Batam tidak lagi hanya menunggu investor datang melainkan menjemput bola. Kehadiran 1100 tenant, belasan ribu buyers internasional dan lebih dari 23 duta besar negara sahabat yg hadir diyakini dapat menjadi peluang promosi internasional.

Dalam pameran yang digelar hingga 16 Oktober 2016, BP Batam berpartisipasi sebagai peserta dengan mendirikan stand yang menyuguhkan informasi pelayanan publik seperti bandara,pelabuhan, rumah sakit, lalu lintas barang dan perijinan investasi seperti program izin investasi 3 jam (i23j) dan Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi.

Presiden Joko Widodo didampingi para menterinya juga turut menyambangi stand para peserta, termasuk BP Batam yang berada di hall A juga turut menjadi perhatian. Diikuti sejumlah tamu dari sejumlah negara tak kalah antusias untuk mengunjungi stand BP Batam, tercatat hingga sore ini sejumlah negara yang berkunjung adalah Rusia, Australia, Lebanon, Spanyol, Mesir, Negara Timur Tengah dan Asean.

Dalam kesempatan esok hari pada Kamis (17/10) juga akan digelar Trade Investment Forum atau Forum Investasi Perdagangan, dengan menghadirkan narasumber Menteri Perdagangan RI, Menteri Pariwisata RI, Kepala BKPM, Kepala Kamar Dagang Indonesia, dan Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. (rilis)

Respon Anda?

komentar