Bukan Cuma Orang, Nasi Goreng pun Berkerudung

714
Pesona Indonesia
Nasi goreng Syari. (foto: jpg)
Nasi goreng Syari. (foto: jpg)

batampos.co.id – Jika merasa bosan dengan tampilan nasi goreng yang begitu-begitu saja, kreasi chef Hotel Pesonna Gresik Bagus Sumargono layak dicoba nih guys!

Kreasinya tersebut dinamakan nasi goreng syari, yang terinspirasi dari aspek religius yang kental dari warga kota Gresik.

Sekilas, bentuk nasi goreng syari buatan chef yang akrab disapa Margo tersebut mirip tumpeng mini. Sebab, nasi dibungkus tudung dari daun pisang. Bedanya, yang terdapat dalam tudung itu bukan nasi putih atau nasi kuning, melainkan nasi goreng hijau.

“Dibuat hijau karena Islam kan setahu saya identik dengan hijau,” terangnya.

Warna hijau tersebut, lanjut dia, berasal dari sambal hijau sebagai bumbu utama. Penggunaan cabai hijau membuat rasa pedas nasi goreng tidak begitu strong. ’’Dominasi rasanya lebih condong ke nasi goreng jawa. Sebab, rasa bawang merah dan bawang putihnya begitu kuat,” imbuhnya.

Setelah diolah, nasi goreng yang matang dimasukkan dalam tudung daun pisang. Kemudian, ditata di atas piring saji. Tudung daun pisang tidak hanya berfungsi sebagai “kerudung”, melainkan juga menambah cita rasa. Aroma daun pisang menyatu dengan nasi goreng sehingga menciptakan cita rasa yang khas. (jpg)

Respon Anda?

komentar