Kecanduan Gula? Atasi dengan 8 Makanan Ini

389
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Banyak orang tidak bisa lepas dari mengonsumsi gula setiap harinya. Dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan yang sudah lanjut usia.

Rasa manis pada gula memang disukai siapa saja. Namun, Anda harus berhati-hati karena gula bersifat aditif, yakni bisa menyebabkan seseorang kecanduan.

Karena itu segera batasi konsumsi gula dan hilangkan kecanduannya dengan beberapa makanan di bawah ini, seperti dilansir laman Care2, Selasa (11/10).

1. Alpukat.

Menurut penelitian, alpukat kaya akan vitamin dan mineral yang mengurangi stres. Dan secara luas diketahui bahwa stres meningkatkan keinginan Anda akan konsumsi gula.

Makan alpukat juga akan mengurangi nafsu makan Anda dan membuat kenyang lebih lama. Makan alpukat bisa sebagai camilan untuk smoothie atau salad.

2. Ubi.

Ubi manis merupakan karbohidrat kompleks yang sempurna untuk orang yang kecanduan gula. Anda bisa menikmati rasa alami manis tanpa menaikan kadar gula darah. Mereka juga kaya akan serat yang tinggi.

3.Biji Chia.

Biji chia mengandung banyak air yang akan membuat Anda kenyang lebih lama. Biji chia juga memperlambat penyerapan gula dalam tubuh.

4. Minyak kelapa.

Minyak kelapa membantu menyehatkan otak dan menyingkirkan keinginan Anda akan gula. Air kelapa juga bisa membantu mengurangi ketagihan gula dan melindungi otak Anda.

5. Sayuran hijau.

Kales, sawi, bayam dan bit hijau kaya akan nutrisi yang membuat Anda berenergi. Sayuran hijau juga bisa membantu mengurangi perasaan stres dan depresi.

6. Pisang.

Pisang dan buah-buahan manis lainnya tidak akan menaikan gula darah Anda sebanyak karbohidrat olahan. Jadi pilihlah pisang dibanding permen ketika ingin makan manis.

7. Makanan tinggi seng.

Apakah Anda tahu bahwa defisiensi zinc bisa memicu mengidam gula? Anda bisa mendapatkan seng dari biji labu, tiram, kacang-kacangan dan daging sapi yang makan rumput.

8. Dark chocolate.

Makan dua kotak cokelat hitam akan membantu melawan keinginan Anda makan makanan manis.

Dark chocolate tidak seperti cokelat lainnya, di mana mereka kaya antioksidan dan membantu mengurangi nafsu makan. (fny/chi/jpnn)

Respon Anda?

komentar