Pebisnis Online pun Harus Ikut Bayar Pajak Lho!

495
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Dalam pandangan sebagian masyarakat, selama ini hanya kalangan pekerja kantoran dan pengusaha besar yang harus membayar pajak.

Oleh karenanya, tak sedikit orang mulai beralih ke e-commerce seperti online shop dengan harapan akan bebas membayar pajak.

Namun, pendapat itu ditampik Direktorat Jenderal Pajak, Hestu Yoga Saksama. Menurut Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Ditjen Pajak tersebut, siapapun warga negara Indonesia yang berpenghasilan harus membayar pajak.

Termasuk di antaranya adalah yang bekerja secara online untuk mendapatkan penghasilan.

“Siapapun yang punya penghasilan dengan cara apapun sebenarnya itu kan secara ketentuan UU dia kena pajak. Mau online bisnis, selebgram, YouTubers.” tegas Yoga dalam diskusi tentang tax amnestydi Malang, Jawa Timur, Kamis (13/10).

“Misalnya saya punya account Youtube, atau Twitter kalau pengikut saya banyak terus ada yang titip tolong iklanin ini kemudian saya dapat duit, itu kena pajak.” tandasnya.

Agar semua taat membayar pajak termasuk e-commerce, Yoga menyatakan, saat ini Ditjen Pajak sedang mengkaji sebuah mekanisme sehingga bisa menjangkau semua kalangan. (jpg)

Respon Anda?

komentar