Pinjaman Melalui Koperasi Lebih Mudah, Tapi Bunganya 20 Persen

392
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Susahnya proses pengurusan kredit uang di bank, membuat pedagang dari Usaha Kecil Menengah (UKM) memilih meminjam ke koperasi. Padalah bunganya hingga 20 persen.

“Proses mudah sehari bisa selesai,” ujar Gendo, pedagang Ayam Penyet di SP Plaza, Rabu (12/10).

Gendo mengatakan, untuk peminjaman di bank prosesnya membutuhkan waktu lama dan persyaratakannya juga sangat banyak, dan merepotkan.

“Harus ada KK, jaminan sertifikat, KTP suami istri surat usaha, buku tabungan” ucap Gendo.

Untuk jaminan besar, peminjaman hingga Rp 200 juta. Pihak bank akan meminta jaminan setidaknya sertifikat rumah, sementara proses pencairannya sangat lama hingga satu bulan. “Pokoknya ribet lah, lama,” kata Gendo.

Sementara itu, untuk peminjaman koperasi proses pencairannya cepat hanya satu hari dengan persyaratan data diri lengkap. “Kalau data diri kita lengkap langsung bisa cair uangnya saat itu juga,” imbuhnya.

Untuk peminjaman tahap pertama, biasanya hanya dapat meminjamkan Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. “Bunganya 20 persen. Setiap peminjaman, misalnya Rp 1 juta pihak koperasi hanya memberikan Rp 800 ribu, sudah dipotong nanti bayar bisa sampai Rp 1,2 juta,” ungkap Gendo. (cr14/bpos)

Respon Anda?

komentar