Wirausaha Baru Dapat Bantuan Usaha Rp 900 Juta

969
Pesona Indonesia
Pameran Produk Kerajian UKM Kepri, termasuk Batam. Foto: Suprizal Tanjung/batampos
Pameran Produk Kerajian UKM Kepri oleh usahawan muda Batam. Foto: Suprizal Tanjung/batampos

batampos.co.id – Bantuan penciptaan wirausaha baru melalui tenaga kerja muda Kementrian Tenaga Kerja (Kemenaker) kini tengah disalurkan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam. Total anggaran yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara (APBN) untuk program tersebut senilai Rp 900 juta.

Total penerima manfaat sebanyak 10 kelompok dengan jumlah wirausaha sebanyak 200 orang. Kelompok-kelompok ini tersebar di 10 kecamatan dari 12 kecamatan di Batam, yang tidak mendapatkan yakni kecamatan Bulang dan Galang.

“Kita salurkan dalam bentuk barang,” kata Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Batam, Maudy Vera Mentang, Rabu (12/10).

Menurut Maudy, dalam program ini Disnaker Batam hanya bertugas menyalurkan barang bantuan, sementara yang menyediakan barang adalah pihak ketiga yang ditunjuk kementrian.

“Uang nggak masuk ke kita, ada perusahaan yang siapin, kita hanya salurkan,” terangnya.

Lanjut dia, dari anggaran yang tersedia juga digunakan untuk pelatihan penerima bantuan sebanyak tiga kali. Pelatihan tersebut dimaksudkan agar penerima bantuan semakin paham usaha yang akan digeluti.

“Termasuk cara pemasaran,” ucapnya.

Untuk itu dia berharap penerima bantuan dapat memanfaatkan bantuan tersebut semaksimal mungkin, sehingga tujuan pengurangan pengangguran tercapai.

Anggota Komisi IV DPRD Batam Safari Ramadan mengatakan akan terus mengawasi program tersebut. “Jika ada kesalahan kita evaluasi,” pungkasnya. (cr13/bpos)

Respon Anda?

komentar