Ayo Urus SIM Sendiri, Lebih Murah

516
Pesona Indonesia
Pengemudi selaku pemohon pembuatan SIM C mengikuti ujian praktek mengemudikan kendaraan roda dua di Satlantas Mapolres Tanjungpinang, belum lama ini. Foto:Yusnadi/Batam Pos
Pengemudi selaku pemohon pembuatan SIM C mengikuti ujian praktek mengemudikan kendaraan roda dua di Satlantas Mapolres Tanjungpinang, belum lama ini. Foto:Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Mencegah adanya praktek percaloan saat mengurus SIM di Polres Tanjungpinang, masyarakat diminta untuk mengurus sendiri. Hal tersebut agar mempersempit ruang gerak oknum tidak bertanggung jawab yang mencari keuntungan.

Kasat Lantas Polres Tanjungpinang, AKP Bobby Muhammad Zulfikar, mengatakan dirinya telah melakukan penekanan terhadap jajarannya agar menghindari praktek percaloan dan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

”Sejauh ini saya belum ketemu adanya calo dalam pengurusan SIM. Tapi saya sudah mengingatkan anggota agar tidak ada praktek percaloan,” ujar Bobby, Kamis (13/10).

Dikatakan Bobby, dalam pengurusan SIM di Satuan Penyelenggara Adminstrasi SIM (Satpas) Polres Tanjungpinang, pihaknya, terus memantau setiap anggotanya dan mecegah mereka agar tidak terlibat dalam percaloan pengurusan SIM.

”Ada atau tidak calo, yang jelas kami tetap melakukan antisipasi saja. Sebab ini program Promoter Kapolri,” kata Bobby.

Dilanjutkan Bobby, untuk masyarakat yang belum mempunyai SIM, silahkan datang dan mengurus sendiri. Karena biaya dalam pengurusan SIM sesuai dengan tarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 50 tahun 2010.

”Masyarakat bisa melihat biaya pengurusan SIM yang tertera di kantor kami. Masyarakat tinggal mengikuti ujian teori dan praktek. Asalkan terus berlatih, pasti akan lulus dalam ujian praktek,” ucap Bobby.(ias/bpos)

Respon Anda?

komentar