Masuk RPJPD, Bandara Letung Bakal Bertaraf Internasional

1016
Pesona Indonesia
ROMBONGAN Menko Kemaritiman dan Sumber Daya  saat meninjau pembangunan Bandara Letung, Sabtu (16/7). foto:syahid/batampos
ROMBONGAN Menko Kemaritiman dan Sumber Daya saat meninjau pembangunan Bandara Letung, Sabtu (16/7). foto:syahid/batampos

batampos.co.id – Selain mengonsep Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Pemkab Anambas juga sudah mengonsep sejumlah Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD). Salah satu yang menjadi rencana pembangunan jangka panjang yakni pembangunan Bandara Letung. Bandara tersebut nantinya akan dijadikan bandara internasional.

Dengan dijadikannya bandara internasional, maka tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan oleh pemerintah daerah. Salah satu syarat diantaranya yakni peningkatkan spesifikasi bandara itu sendiri. Dari mulai panjang bandara yang harus ditambah, hingga pembangunan bidang lainnya.

“Target kita pada tahun 2025, Bandara Letung akan dijadikan bandara internasional. Kalau sekarang ini hanya 1,2 km, maka run waynya nantinya akan diperpanjang lagi menjadi 2,5 km,” ungkap Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Augus Raja Unggul kepada wartawan kamis (13/10).

Untuk memperpanjang runway itu sendiri pemerintah tidak bisa langsung melakukan perpanjangan runway begitu saja karena lahan yang akan dibangun runway harus dibebaskan dulu. Baru kemudian bisa dibangun runway. Sementara itu diketahui saat ini pemilik lahannya belum ditemukan. Namun demikian pemda siap menyelesaikan masalah tersebut.

“Pemda sifatnya hanya menyiapkan lahan, semua itu sudah ada dalam rencana kerja. Sementara itu untuk pembangunan bandara sisi udara tetap pemerintah pusat yang akan membangun,” jelas Augus.

Menurutnya, mewujudkan konektifitas baik itu melalui transportasi udara maupun laut merupakan salah satu visi dan misi Kepala Daerah. Hal ini yang nantinya akan diandalkan dalam menjembatani datangnya warga asing atau investor asing yang akan ke Anambas.

“Selain itu sektor pariwisata juga akan berkembang, jika bandara sudah beroperasi,” jelasnya. (sya/bpos)

Respon Anda?

komentar