Siswa SD Yehonala Kunjungi Perpustakaan BP Batam

512
Pesona Indonesia

yehonala60 siswa kelas 5 SD Yehonala yang berlokasi di kompleks perumahan Aku Tahu, Sei Panas, Batam Centre, bersama 4 guru pendamping berkunjung ke Perpustakaan Badan Pengusahaan (BP) Batam, yang berada di Gedung IT Centre, Batam Centre, Kamis (13/10) lalu.

Kunjungan itu dimaksudkan untuk memperkenalkan salah satu perpustakaan yang ada di Batam kepada para siswa dan untuk mendorong minat baca.

Kedatangan mereka disambut hangat oleh Kasubag. Perpustakaan BP Batam, Hamizar, didampingi para staf Perpustakaan BP Batam.

Effriyanti, guru pendamping sekaligus pimpinan rombongan SD Yehonala, mengatakan, kunjungan ini merupakan kunjungan kedua kalinya, setelah kunjungan pertama pada tahun 2015 lalu.

“Kami mengajak siswa didik kami ke Perpustakaan BP Batam agar mereka lebih mengenal keberadaan perpustakaan dan menumbuhkan minat baca mereka,” ujar Effriyanti dalam sambutannya.

Saat mengunjungi perpustakaan, para siswa dibagi dalam 2 kelompok. Kelompok pertama diperkenalkan untuk memasuki ruang multimedia dan ruang tandon yang berada di lantai 1 Gedung B IT Centre, yang dipandu oleh pustakawan pelaksana Zulkifli.

Sedangkan kelompok kedua diajak memasuki lantai 2 untuk diberikan penjelasan tentang fungsi ruang pengolahan bahan pustaka dan ruang koleksi atau layanan yang dipandu oleh pustakawan pelaksana Aan Andriana, Wawan Darwanto dan Abdul Rozak. Secara bergantian kedua kelompok saling berpindah dan berkeliling.

Kepada para siswa diberikan penjelasan mengenai sejarah berdirinya Perpustakaan BP Batam, jumlah koleksi bahan pustaka, jenis koleksi, jam pelayanan, dan penjelasan lain yang ditanyakan oleh para siswa. Para siswa tampak antusias dan mencatat setiap penjelasan yang disampaikan oleh para pemandu.

Para siswa juga diberikan kesempatan membaca buku-buku yang menjadi koleksi Perpustakaan BP Batam, baik buku sejarah, pengetahuan umum, ensiklopedi atau melihat-lihat foto-foto lama dan gambar-gambar menarik lainnya.

Sekitar 1 jam lamanya, kunjungan para siswa pun berakhir, ditandai dengan saling bertukar cindera mata antara Perpustakaan BP Batam dan Sekolah Yehonala, serta berfoto bersama.

Kepala Subag Perpustakaan BP Batam, Hamizar, menyampaikan terima kasih kepada para siswa dan berpesan agar para siswa sebagai generasi muda selalu giat belajar. “Perpustakaan BP Batam dibentuk, salah satunya untuk membantu para generasi muda. Jadi anak-anak sekalian, nanti boleh berkunjung kembali,” ujar Hamizar kepada para siswa saat akan meninggalkan gedung perpustakaan. (rilis)

Respon Anda?

komentar