Anak Dibawah Umur Otaki Pencurian Motor

523
Pesona Indonesia
Motor Yamaha Mio yang diamankan dari ketiga pelaku. Foto: Egi/ batampos.co.id
Motor Yamaha Mio yang diamankan dari ketiga pelaku. Foto: Egi/ batampos.co.id

batampos.co.id – Seorang anak di bawah umur FDB (15) menjadi otak pelaku dalam aksi pencurian sepeda motor bersama dua rekannya bernama Edo Wardo Rotua Tampubolon (22) dan Suhaimi (32).

“Otak pelakunya yang masih lima belas tahun,” ungkap Kanit Jatanras Polresta Barelang, Iptu Afuza Edmond, Jumat (14/10).

FDB bersama Edo Wardo Rotua Tampubolon dan Suhaimi ditangkap Unit Buser Polresta Barelang di dua TKP, yakni di Simpang Kara dan di Ruli Bukit Senyum.

Afuza mengungkapkan penangkapan terhadap tiga orang tersangka ini bermula dari korban yang bernama Kian Santang kehilangan sepeda motornya di Ruli Depan Mesjid Baitussyakur, Batuampar, Senin (10/10) lalu, sekira pukul 21.00 WIB.

“Korban yang kehilangan sepeda motornya pada malam itu langsung membuat laporan ke Polresta Barelang,” ujarnya.

Setelah membuat laporan, Jajaran Sat Reskrim Polresta Barelang langsung melakukan penyelidikan hingga akhirnya mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada orang yang hendak menjual sepeda motor tanpa dilengkapi dengan surat-surat.

“Mendapatkan laporan itu, Unit Buser Polresta Barelang langsung melakukan penyamaran sebagai pembeli motor dan membuat kesepakatan untuk bertransaksi di Simpang Kara,” katanya.

Dari penyamaran dan transaksi yang dilakukan tersebut, Unit Buser Polresta Barelang langsung mengamankan Edo Wardo Rotua Tampubolon dan Suhaimi, Selasa (11/10) sekira pukul 15.00 WIB.

Setelah diamankannya Edo Wardo Rotua Tampubolon dan Suhaimi, kemudian dilakukan pengembangan lagi, hingga akhirnya berhasil menangkap otak pelaku FDB di Ruli Bukit Senyum pada Rabu (12/10) sekira pukul 17.00 WIB.

“Dari tangan pelaku kita amankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor Yamaha Mio hitam, satu buah obeng, dua buah kunci L dan satu buah kunci kontak,” katanya.

Ketiga pelaku kini telah diamankan di Polresta Barelang untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya dan selanjutnya akan dilakukan penyidikan lebih lanjut oleh Sat Reskrim Polresta Barelang.

Atas perbuatannya, ketiga pelaku dijerat dengan pasal 363 ayat (1) KUHP dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara dan pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara. (egi)

Respon Anda?

komentar