Gubernur : Festival Bahari Kepri Harus Sukses

303
Pesona Indonesia
Gubkepri Nurdin Basirun memimpin rapat persiapan Festival Bahari Kepri di Gedung Daerah Tanjungpinang, Rabu (13/7). F.Yusnadi/Batam Pos
Gubkepri Nurdin Basirun memimpin rapat persiapan Festival Bahari Kepri di Gedung Daerah Tanjungpinang, Rabu (13/7). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Penanggungjawab Festival Bahari Kepri (FBK), Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan, meskipun kondisi keuangan sedang diganggu defisit anggaran, akan tetapi anggaran yang menjadi kebutuhan FBK akan diperhatian sesuai dengan kebutuhan.

“Karena ini, acara yang kita gelar nanti sudah skala internasional. Tentu persiapan harus matang, anggaran memang menentukan rencana kegiatan,” ujar Nurdin Basirun usai menghadiri sidang paripurna di Kantor DPRD Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Jumat (14/10).

Menurut Nurdin, apabila semua kegiatan bertumpu pada kemampuan keuangan daerah, tentu tidak akan tercover. Atas dasar itu, pihaknya juga mengharapkan dukungan penuh dari Pemerintah Pusat. Disebutkan Nurdin, setiap Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kepri sudah ada porsi masing-masing untuk FBK.

“Memang anggarannya jauh dari yang diharapkan, tetapi dengan ketersediaan yang ada, kita harus memberikan yang terbaik. Karena ini mempertaruhkan nama pariwisata Kepri,” papar Nurdin.

Mantan Bupati Karimun tersebut mengatakan, hajatan FBK merupakan parade akbar pariwisata Kepri. Ia melihat, FBK akan menjadi laluan strategis bagi Kepri dalam melambungkan pariwisata bahari ke dunia internasional. Apalagi tekad Provinsi Kepri adalah ingin menjadi Gerbang Pariwisata Bahari Indonesia.

“Maka daripada itu, FBK nanti harus sukses. Jangan sampai ada persiapan yang tidak matang. Koordinasi dan komunikasi antar koordinator menjadi faktor penting suksesnya kegiatan,” tutup Nurdin.

Terpisah, Ketua Harian FBK, Guntur Sakti mengatakan, even-even yang final untuk ditampilkan nanti sudah disampaikan ke panitia pusat. Karena kegiatan puncak FBK nanti akan dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Diakui Guntur, ada beberapa kegiatan yang ditaja oleh Kementerian Pariwisata.

“Meskipun dengan kemampuan yang terbatas, tentu kita ingin hasil yang maksimal. Karena ini menyangkut nama pariwisata Kepri dikacamata internasional,” ujar Guntur.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kepri tersebut menambahkan, baik Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) maupun Nongsa Poin Marina (NPM) Batam dan Bandar Bentan Telani (BBT) Bintan, berpacu untuk mendatangkan wisatawan asing ke Kepri selama berlangsung FBK nanti.

“NPM Batam, dan BBT Bintan memang mendapatkan peran yang strategis, yakni mendatangkan yachter-yachter ke Kepri dari dua pintu masuk tersebut,” tutup Guntur.(jpg/bpos)

Respon Anda?

komentar