Kadisdik Batam Bolehkan Guru Buka Jasa Les

490
Pesona Indonesia
Muslim Bidin, Kadisdik Kota Batam. Foto: batampos
Muslim Bidin, Kadisdik Kota Batam. Foto: batampos

batampos.co.id – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Batam Muslim Bidin menilai langkah guru yang membuka jasa les diluar jam sekolah merupakan hal yang wajar. Pendapat Muslim ini terkait pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Efendy yang melarang guru untuk membuka jasa les.

“Guru kan perlu tambahan. Sepanjang itu halal menurut pendapat saya boleh-boleh saja,” kata Muslim, Jumat (14/10) siang.

Menurut Muslim tidak semua pelajaran tuntas di kelas, untuk itu jasa les bisa saja dilakukan guru sepanjang tidak menyampingkan tugas pokok guru. Jasa les oleh guru dinilai sebagai pengembangan karir dan profesi.

“Daripada sore waktunya kosong. Yang tidak boleh contohnya kalau tidak ikut les, siswa kalau ujian tidak lulus, ini ya nggak boleh,” terangnya.

Terkait larangan penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Muslim mendukung kebijakan Mendikbud Muhadjir Effendy, hal ini didasari karena buku yang dikeluarkan oleh Kementrian Kebudayaan dan Pendidikan juga sudah dilengkapi butir-butir soal.

“LKS, saya setuju ditiadakan. Sangat Setuju,” katanya.

Sementara itu Walikota Batam Rudi mengaku belum mengetahui terkait kebijakan Mendikbud melarang guru membuka jasa les. “Saya belum tahu, ada ya? edaran? saya baca dulu,” katanya.

Namun demikian jika kebijakan tersebut benar-benar dijalankan pihaknya akan menyesuaikan. “Kata pak menteri itu, ya itulah. Tapi nanti kita rapatkan dulu,” terangnya. (cr13/bpos)

Respon Anda?

komentar