Apri: Sehat Itu Penting

290
Pesona Indonesia
Bupati Bintan, Apri Sujadi dan Wakilnya, Dalmasri Syam menyaksikan pencabutan undian gebyar hadiah puluhan juta rupiah dalam acara senam sehat dan pengobatan gratis di Kawasan Pasar Tani, Kecamatan Toapaya, Minggu (16/10). Foto: Humas Pemkab Bintan
Bupati Bintan, Apri Sujadi dan Wakilnya, Dalmasri Syam menyaksikan pencabutan undian gebyar hadiah puluhan juta rupiah dalam acara senam sehat dan pengobatan gratis di Kawasan Pasar Tani, Kecamatan Toapaya, Minggu (16/10). Foto: Humas Pemkab Bintan

batampos.co.id – Pemkab Bintan menggelar senam sehat dengan gebyar puluhan hadiah dan uang jutaan rupiah serta pengobatan gratis untuk masyarakat se Kabupaten Bintan di Kawasan Pasar Tani, Kecamatan Toapaya, Minggu (16/10) sekitar pukul 6.30 WIB. Kegiatan yang bertemakan hidup sehat dengan jiwa yang kuat itu dibuka secara resmi oleh Bupati Bintan, Apri Sujadi dan Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Plt Sekda Bintan Raja Muhammad Akib Rachim, Ketua TP PKK Bintan, Deby Maryanti Sujadi, Ketua Gow, Herdawati, Kabag Humas dan Protokol Bintan, Hasfi Handra, seluruh SKPD Bintan, Anggota DPRD Bintan, camat, lurah, kades dan masyarakat se Kabupaten Bintan.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka meningkatkan tali silahturahim atau keakraban antara pemerintah dengan masyarakatnya. Serta sebagai upaya menciptakan kehidupan masyarakat Kabupaten Bintan yang sehat dan kuat.

“Kami ingin masyarakat budayakan hidup sehat sejak dini. Jadi melalui senam sehat dan pengobatan gratis ini diharapkan kesadaran masayarakat akan pentingnya kesehatan bisa meningkat,” ujarnya.

Pemkab Bintan, kata dia, akan selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakatnya yang tersebar di 10 kecamatan. Baik dalam sektor pelayanan kesehatan, pendidikan, kesejahteraan maupun pembangunan.

Pelayanan terbaik dibeberapa sektor itu akan dituangkannya dalam perencanaan program-program pioritas utama Kabinet Bintan Gemilang 2017. Bahkan program utama itu akan dialokasikan melalui APBD Bintan tahun mendatang sebesar ratusan miliar rupiah.

“Tahun ini kita belum bisa melakukan pelayanan secara maksimal. Sebab alokasi anggaran 2016 yang telah berjalan saat ini merupakan rancangan masa pemerintahan sebelumnya,” jelasnya.

Untuk sektor pelayanan kesehatan masyarakat, lanjutnya, sama seperti tahun sebelumnya yaitu bisa mendapatkannya secara gratis. Bedanya, Kata dia, masyarakat yang akan berobat di puskesmas dan rujukan dari puskesmas ke RSUD Bintan maupun RSUP Kepri tidak perlu lagi menggunakan kartu fasilitas seperti Kartu Bintan Sejahtera (KBS) melainkan cukup dengan membawa KTP Bintan.

Sedangkan untuk pelayanan di sektor pendidikan, sambungnya, juga cukup dengan menunjukkan KTP Bintan. Dengan itu, biaya masuk sekolah dan alat transportasi yang digunakan untuk antar-jemput anak sekolah bisa dinikmati secara cuma-cuma atau gratis. Bahkan biaya masuk sekolah yang digratiskan itu tidak hanya untuk masuk SD saja melainkan juga masuk SLTP.

Kemudian bus-bus pengantar anak sekolah yang sudah berusia tua akan digantikan dengan masa pembuatan yang baru. Begitu juga untuk transportasi laut bagi anak wilayah pesisir. Dari menggunakan pompong berbahan kayu akan diganti dengan bahan fiber.

“Kalau untuk biaya masuk SLTA bukan kewenangan kita melainkan Pemprov Kepri. Namun kita akan kordinasi dengan pemprov terkait biaya masuk hingga alat transportasinya. Pastinya akan ada banyak perubahan di tahun 2017 mendatang,” cetusnya.

Sementara itu Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam mengatakan dalam rangka budayakan hidup sehat di kalangan masyatakat Bintan. Pemerintah menggelar senam sehat bertabur hadiah puluhan juta rupiah serta penyuluhan diabetes dan pemeriksaan gula darah gratis.

“Yang mau periksa dan dapat obat gratis akan ditangani Dr Eli Mayulia. Kalau mau hiburan akan kita bagikan beragam hadiah dan dorprise,” katanya.

Pantauan di lapangan, ribuan masyarakat dari Kecamatan Toapaya dan kecamatan lainnya menyemarakkan kegiatan senam sehat itu. Apri Sujadi dan Dalmasri Syam yang hadir saat itu membuat suasana semakin gemuruh sebab mereka membagikan berbagai gebyar hadiah. Diantaranya handuk, seterika, satu set gelas dan teko, rantang, kipas angin dan reskuker. Kemudian untuk hadiah doorprizenya disediakan satu unit mesin cuci merek panasonic dan satu unit kulkas satu pintu. (ary/bpos)

Respon Anda?

komentar