Tetangga Sering Usil Soal Perbatasan, Bupati Minta Camat Peka Penyusupan Pihak Asing

297
Pesona Indonesia
Bupati Natuna, Hamid Rizal. foto:aulia rahman/batampos
Bupati Natuna, Hamid Rizal. foto:aulia rahman/batampos

batampos.co.id – Bupati Natuna, Hamid Rizal meminta para camat di pulau terluar yang berbatasan negara tetangga lebih peka terhadap infiltrasi atau penyusupan berbagai modus oleh pihak asing.

Menurut Hamid, negara tetangga sering usil soal perbatasan, salah satunya Malaysia. Beberapa pulau sangat rentan. Diantaranya pulau di wilayah Kecamatan Serasan, Midai dan Subi.

“Saya sudah ingatkan Camat Pos Angkatan Laut di pulau perbatasan supaya lebih peka, adanya kapal asing yang masuk perairan dengan modus mancing ikan, harus diusir kalau bisa ditangkap,” kata Hamid di Ranai kemarin.

Menurut Hamid, saat ini Natuna masih banyak pulau-pulau kosong tak dihuni. Bahkan banyak laporan masyarakat terdapat perahu sering masuk perairan dengan dalih kegiatan penelitian dan lainnya.

“Kadang masyarakat yang nggak tahu diberi uang untuk merawat pondok yang dibangun di pulau kosong. Kita khawatir nanti tiba-tiba saja ada klaim-klaim tertentu yang merugikan wilayah nantinya,” jelasnya.

Kewaspadaan menurutnya penting. Bahkan terkait wacana percepatan pembangunan proyek Palapa Ring di Natuna. Rencananya akan dimanfaatkan serat optik milik perusahaan telekomunikasi milik Malaysia, Sacova yang melintang di bawah laut Natuna dan Anambas.

Hamid mengatakan, Pemerintah Daerah sebelumnya mengajukan ke pemerintah pusat terkait proyek Palapa Ring dipercepat. Telkom sendiri sudah sanggupi hal itu, rencananya mereka akan menjalin kontrak kerjasama dengan Sacova dalam pemanfaatan fiber optic untuk membantu percepatan pembangunan komunikasi di Natuna dan Anambas.

“Namun kewaspadaan saya juga ada di sana. Makanya saya ada permintaan juga, kalau nanti terealisasi kita setidaknya turut pasang alat anti sadap, karena kita pakai infrastruktur asing. Apalagi di Natuna mengembangkan sektor keamanan dan pertahanan,” ujar Hamid.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar