137 Pejabat Eselon III Pemkab Karimun Ikut Assesmen

450
Pesona Indonesia
Para pejabat eselon tiga di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun sedang mengikuti assesmen. foto:sandi/batampos
Para pejabat eselon tiga di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun sedang mengikuti assesmen. foto:sandi/batampos

batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten Karimun terus melakukan pemantapan terhadap sumber daya manusia (SDM), terutama para aparatur sipil negara (ASN) yang memiliki jabatan setingkat eselon tiga di satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Salah satunya melaksanakan asessmen yang diikuti 137 orang, Senin (17/10).

”Sesuai dengan perintah dari Bupati Karimun, maka assesmen untuk pejabat eselon tiga dilaksanakan selama empat hari dan akan berakhir sampai dengan Kamis (20/10). Pelaksanannya dilaksanakan di SMPT Negeri 1 Karimun, karena jumlah peserta 137 orang yang berasal dari seluruh dinas, badan dan bagian. Dalam pelaksanaan assesmen kali ini tim yang melakukan pengujian tetap sama, yakni melibatkan dua orang dosen,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Karimun, Kamarulazi kepada Batam Pos.

Setiap peserta assesmen, katanya, pada hari pertama akan melalui ujian psikotes. Kemudian, melakukan pengisian terhadap pertanyaan tentang perilaku dalam bekerja. Kemudian, mengerjakan analisa masalah yang dibuat secara tertulis. Selanjutnya, pada hari kedua leaderless group discussion (LGD) atau grup diskusi kepemimpinan secara paralel. Untuk hari ketiga dan keempat, masing-masing peserta harus mempresentasikan analisa masalah yang dibuat secara tertulis dan terakhir baru wawancara.

”Jika salah satu tahapan tidak diikuti oleh peserta, maka sudah dipastrikan gugur dalam proses assesmen yang kita laksanakan saat ini. Tapi, tetap bisa mengikuti asesmen selanjutnya jika memang ada lagi. Yang jelas, harapan pimpinan dari pelaksanaan asesmen ini untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan keterampilan seorang pejabat eselon tiga yang dijabat sekarang. Jika hasil asesmennya menunjukkan seorang pejabat eselon tiga tidak layak untuk menjabat jabnatan sekarang, maka sudah tentu akan ditempatkan di jabatan lain sesuai kemampuan pejabat tersebut,” jelasnya.

Untuk pansel pemilihan Sekda Karimun, Kamarulazi menyebutkan, timnya sudah terbentuk. Hanya saja perlu diketahui bahwa sistem yang digunakan ini adalah terbuka. ”Artinya, siapa saja eselon dua yang sudah mengikuti assesmen dan mencukupi syarat yang ditentukan, maka boleh mendaftar. Setelah itu akan dilakukan seleksi. Dan, pada akhirnya nanti yang akan mengikuti seleksi hanya 3 orang,” ungkapnya. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar