Ada Harapan, Penjualan Mobil dan Motor Naik

524
Pesona Indonesia
Pekerja melakukan pengecekan akhir mobil yang dirakit di Indonesia. Foto: republika
Pekerja melakukan pengecekan akhir mobil yang dirakit di Indonesia. Foto: republika

batampos.co.id – Pasar otomotif nasional, rupanya, mirip mesin diesel yang lambat panas. Menjelang akhir tahun, penjualan motor dan mobil justru melonjak.

Berdasar data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), pasar sepeda motor nasional pada September mencapai 555.820 unit atau meningkat 5,3 persen jika dibandingkan dengan Agustus 2016, yakni 527.536 unit.

Meski demikian, bila dibandingkan dengan 603.102 unit motor yang terjual sepanjang September tahun lalu, terdapat penurunan pasar 7,8 persen. Secara kumulatif, pada Januari sampai September, pasar motor nasional mencapai 4,351 juta unit.

Itu berarti, pasar sepeda motor nasional butuh 2,1 juta unit dalam tiga bulan tersisa agar bisa menyamai penjualan 6,480 juta unit motor sepanjang 2015.

Dalam situasi pasar yang masih labil, dominasi PT Astra Honda Motor (AHM) di pasar skutik, bebek, dan motor sport justru meningkat. Honda pun menguasai pangsa pasar 60 persen pada September 2016.

Khusus September, penjualan motor sport AHM mencapai 31.483 unit atau melonjak 60,2 persen dari 19.648 unit pada Agustus 2016. Perolehan tersebut tercatat sebagai yang tertinggi pada tujuh bulan terakhir sejak AHM menguasai pasar sepeda motor sport nasional.

Sementara itu, pasar sepeda motor sport nasional tumbuh 18 persen dari 44.429 unit pada Agustus 2016 menjadi 52.435 unit pada September 2016. Bagi AHM, penjualan sepeda motor mereka meningkat 8,8 persen dari 388.847 unit pada Agustus 2016 menjadi 423.256 unit pada September 2016. Dengan angka tersebut, AHM memimpin pangsa pasar sepeda motor nasional dengan market share 76,1 persen.

’’Kondisi pasar sepeda motor tahun ini memang lebih lemah daripada tahun sebelumnya. Namun, kami melihat animo masyarakat terhadap sepeda motor sport semakin besar,’’ ungkap General Manager Sales Division PT AHM Thomas Wijaya.

Pada September 2016, di pasar kendaraan roda empat penjualan nasional mencapai 93.156 unit atau naik tipis 0,12 persen jika dibandingkan dengan 93.038 unit pada September 2015. Dengan demikian, terjadi penurunan penjualan jika dibandingkan dengan 96.291 unit pada Agustus 2016. Secara kumulatif, Januari–September 2016, pasar mobil nasional mencapai 783.470 unit.

Di tengah penurunan pasar mobil antara September dan Agustus, grup Astra yang terdiri atas Toyota, Daihatsu, Isuzu, Peugeot, dan UD Tracks justru mengalami kenaikan pangsa pasar. Begitu juga dengan jenis mobil terjangkau dan ramah lingkungan (LCGC).

Pada September 2016, penjualan mobil grup Astra mencapai 55.452 unit dan market share 60 persen atau lebih tinggi 59 persen daripada Agustus 2016. Pangsa pasar produk LCGC naik cukup signifikan menjadi 75 persen pada September 2016 jika dibandingkan dengan Agustus 2016 yang mencapai 70 persen. (gen/c22/noe/jpgrup)

Respon Anda?

komentar