Bupati Natuna Minta Menpan Menerima Pengangkatan Dokter PNS

443
Pesona Indonesia
Bupati Natuna, Hamid Rizal. foto:aulia rahman/batampos
Bupati Natuna, Hamid Rizal. foto:aulia rahman/batampos

batampos.co.id – Hingga saat ini, Natuna masih kekurangan dokter. Tidak hanya untuk penempatan di puskesmas kecamatan, kekurangan dokter juga terjadi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Bupati Natuna Abdul, Hamid Rizal mengatakan, kekurangan dokter adalah persoalan yang menjadi perhatian pemerintah daerah dan perlu solusi pemerintah pusat.

Hamid mengatakan, kekurangan dokter di Natuna sudah disampaikan kepada pemerintah pusat. Ia meminta agar ada kebijakan khusus bagi Natuna melalui pengangkatan pegawai negeri sipil dokter muda.

“Saya sudah sampaikan permintaan pengangkatan PNS dokter muda ini kepada Menpan. Supaya Natuna ada kebijakan khusus,” ungkap Hamid kemarin.

Terkait permintaan pengangkatan PNS dokter muda ini, kata Hamid Rizal, Dinas Kesehatan sudah menyiapkan berkas untuk diusulkan ke Menpan. Agar kekurangan dokter bisa terpenuhi.

“Tentu jika usulan ini disetujui pemerintah pusat maka kebutuhan dokter terpenuni. Sementara pemerintah daerah akan membuat kebijakan aturan, agar dokter PNS tidak mudah pindah ke daerah lain,” sebut Hamid.

Disatu sisi, kata Hamid, pemerintah daerah terus meningkatkan kualitas pelayanan bidang kesehatan masyarakat di Natuna. Salah satunya masih adanya kematian karena melahirkan.

“Kematian ibu dan anak saat melahirkan masih tinggi dan kesehatan ibu hamil masih kurang. Kondisi ini harus kita pacu, supaya tidak ada lagi kematian saat melahirkan,” janji Hamid.

Sebelumnya, Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Natuna, Erson Gempa mengatakan, tahun ini terdapat kekurangan 11 dokter di puskesmas kecamatan.

“Idealnya satu puskesmas ditempatkan minimal 2 orang dokter, tapi sekarang hanya satu orang dokter di puskesmas kecamatan. Tentu akan menjadi kendala pelayanan kesehatan masyarakat,” kata Erson.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar