Lagi, KRI Papare Tangkap 2 Kapal Ikan Vietnam di Natuna

387
Pesona Indonesia
Dua kapal asing asal Vietnam bernomor lambung BV 92764 TS dan BV 92765 TS yang ditangkap KRI Papare. foto:hasbi/batampos
Dua kapal asing asal Vietnam bernomor lambung BV 92764 TS dan BV 92765 TS yang ditangkap KRI Papare. foto:hasbi/batampos

batampos.co.id – KRI Papare 368 dibawah komando Gugus Keamanan Laut Armada Barat (Guskamlabar), Letkol Wachid Ismail, menangkap dua kapal asing asal Vietnam bernomor lambung BV 92764 TS dan BV 92765 TS.

Kapal ikan asal Vietnam tersebut ditangkap di perairan Natuna, Jumat (14/10) sekitar pukul 15.15 WIB.

Menurut Komandan Guskamlabar, Laksama Pertama Muhammad Ali, dua kapal ikan asing asal Vietnam tersebut ditangkap saat kedapatan menangkap ikan di perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

Setelah diperiksa dokumennya, tak satupun dari dua kapal ikan asing asal Vietnam tersebut yang mengantongi dokumen.

Saat ini kedua kapal ikan asal Vietnam, diamankan di pangkalan TNI AL (Lanal) Ranai untuk diproses hukum lebih lanjut.

“Ini sudah instruksi dari Mabes TNI AL, bahwa Guskamlabar akan terus memburu setiap kapal asing yang memasuki perairan Indonesia tanpa dilengkapi dokumen yang resmi dan lengkap. Apalagi sampai kedapatan menangkap ikan, kami akan tangkap dan proses sesuai aturan hukum yang berlaku,” ujar Laksamana M. Ali.

Apalagi, saat ini Natuna jadi prioritas Presiden Jokowi yang nantinya akan dijadikan daerah maritim berskala internasional, sambung Danguskamlabar, maka perairan Natuna harus dijadikan prioritas utama agar perairan di Natuna terbebas dari kapal asing pencuri ikan. (arn/bpos)

Respon Anda?

komentar