Rakyat Thailand Ingin Putri Bidadari Gantikan Raja Bhumibol Adulyadej

624
Pesona Indonesia
Pangeran Maha Vijiralongkorn bersama Putri Srirasmi pada 2006. Foto: BARBARA WALTON/EPA
Pangeran Maha Vijiralongkorn bersama Putri Srirasmi pada 2006. Foto: BARBARA WALTON/EPA

batampos.co.id -Kematian mendiang Raja Bhumibol Adulyadej masih menyisahkan duka mendalam bagi rakyat Thailand. Mereka pun berharap pengganti sang raja adalah sosok yang juga dicintai rakyat.

Namun harapan itu tentu tidak tertuju pada Putra Mahkota Pangeran Maha Vijiralongkorn. Pasalnya, sikap nyetrik sang pangeran selama ini malah menimbulkan ketidaksukaan rakyat Thailand terhadap sang pangeran.

Secara hirarki, memang sang pangeran yang harus menggantikan sang raja. Apalagi sangraja saat masih hidup memang telah mengamanahkan tahtanya kepada sang pangeran.

Tapi sang pangeran meminta penundaan selama setahun, sehingga kursi raja bakal kosong.

Namun rakyat Thailand punya harapamn sendiri. Mereka ingin Putri Sirindhron yang memiliki hubungan dekat dengan junta militer yang sekarang berkuasa di Thailand, menggantikan sang raja yang mangkat.

Putri Sirindhron memang memiliki image yang baik di mata masyarakat Negeri Gajah Putih tersebut.

Apakah mungkin hal tersebut terjadi? Mungkin saja. Pada 1974, konstitusi Thailand menyatakan kalau perempuan bisa menjabat sebagai ratu. Tetapi, memang itu tidak mudah.

”Usaha apa pun yang mungkin dilakukan junta militer untuk campur tangan urusan pergantian takhta bakal memicu kekacauan,” kata Ryan Aherin, analis senior Asia dari Global Risk Consultancy Verisk Maplecroft seperti dilansir dari Ibtimes.

Selain masalah pengangkatan, Pangeran Vijiralongkorn juga digosipkan akan menikah lagi. Calon istrinya disebut-sebut adalah seorang pramugari maskapai penerbangan Thai Airlines. Pernikahan keempat itu seiring perceraiannya dengan Putri Srirasmi.

Putri Srirasmi yang bikin heboh lewat video perayaan ultah anjing pudel itu diceraikan oleh Pangeran Vijiralongkorn pada 2014 setelah terbukti kalau anggota keluarga sang putri melakukan korupsi. (tia/jpnn)

Respon Anda?

komentar