Blanko Habis, 5 Ribu Berkas E-KTP di Kecamatan Sekupang Tak Bisa Diproses

570
Warga saat melakukan perekaman e-ktp. Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos
Warga saat melakukan perekaman e-ktp. Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos

batampos.co.id – Saat ini masalah pengurusan Kartu tanda Penduduk elektronik (e-KTP) masih berlanjut. Kekosongan blanko e-KTP yag telah tejadi hampir sebulan membuat pengajuan menumpuk. Seperti yang terjadi di Kecamatan Sekupang, lebih dari lima ribu berkas masih menunggu untuk diproses.

Kasi Pelayanan Kecamatan Sekupang, Surasa mengatakan penumpukan pengajuan sudah mencapai lima ribu lebih. Namun begitu sudah hampir seminggu ini jumlah pengajuan menurun.

“Biasanya kami terima sampai 200 berkas, namun seminggu ini menurun menjadi 30 perharinya,” kata dia, Selasa (18/10).

Warga yang telah mengajukan berkas, diminta untuk bersabar hingga blanko tersedia. Tidak dipungkiri lambatnya penyelesaian berkas membuat beberapa warga yang mendatangi kantor untuk menanyakan berkas mereka.

“Sebelumnya kita sudah sampaikan untuk menunggu pesan singkat dari kecamatan, tapi mungkin mereka tidak sabar jadi menanyakan berkas KTP mereka,” ujarnya.

Disinggung mengenai pemberitaan OTT pegawai Disduk-capil, dia menegaskan pelayanan di kecamatan berjalan dengan lancar dan bebas pungutan liar (pungli).

“Sejauh ini tidak ada dampak terhadap pelayanan, semua lancar,” kata dia.

Pelayanan, tambahnya, tidak dipungut biaya sama sekali. Pada resi pengambilan berkas juga dibubuhi stempel bertuliskan gratis.

“Untuk antisipasi, setiap resi kami beri stempel, biar warga mengetahui dan tidak terkena pungli,” jelasnya. (cr17)

Respon Anda?

komentar