Pembangunan Jalan Sertih Mulai Dikerjakan, Telan Anggaran Hampir Rp 2 Miliar

296
Pesona Indonesia
Pengerasan jalan Dusun Sertih, Desa Kelumu, Lingga,. foto:hasbi/batampos
Pengerasan jalan Dusun Sertih, Desa Kelumu, Lingga,. foto:hasbi/batampos

batampos.co.id – Kabid Binamarga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Lingga, Indra Asmara Putra mengatakan akses darat Dusun Sertih, Desa Kelumu, Kecamatan Lingga, tengah dibangun ulang. Sejumlah pembenahan dan pembangunan penimbunan tanah kembali dilakukan mengingat kondisi jalan yang masih belum maksimal.

Khusus pembangunan jalan Sertih, kata Indra, menggunakan dana APBD murni Kabupaten Lingga Tahun 2016. Untuk pembenahan jalan penimbunan dianggarkan Rp 1.953.782.000 dan telah mulai dikerjakan pada pertengahan bulan September lalu. Kegiatan ini dilaksanakan oleh CV Pribumi Jaya Mandiri.

“Tahun ini penimbunan dulu agar struktur tanah padat. Kami menargetkan akhir tahun ini selesai,” beber Indra kepada Batam Pos, Selasa (18/10).

Penimbunan tanah untuk pengerasan jalan dilakukan sepanjang 2 kilometer dari total panjang jalan sepanjang 4 kilometer antara Dusun Sertih dengan Desa Induk Kelumu.

“Timbunan ini untuk menyambung titik awal penimbunan yang sudah dikerjakan sebelumnya. Mudah-mudahan tidak ada kendala,” sambungnya.

Dilanjutkan Indra, untuk peningkatan pengaspalan jalan Dusun Sertih, mengingat struktur tanah dan kondisi jalan dengan tebing-tebing yang curam perlu waktu panjang. Meski begitu, kegiatan pengaspalan jalan Kelumu-Sertih tersebut telah menjadi program dinas terkait.

“Aspal belum. Struktur timbunan harus padat dulu. Untuk tahun 2017 kami belum membicarakan pengaspalan jalan tersebut, tapi tetap jadi radar perhatian kami ke depan. Termasuk seluruh jalan di Kabupaten Lingga yang masih dalam tahap pembangunan.

Sementara itu, terkait jalan Desa Kelumu yang longsor awal tahun lalu, hingga kini belum juga dilakukan upaya perbaikan. Disampaikan Indra, karena longsor diakibatkan bencana, pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lingga agar perbaikan nanti dapat dilaksanakan lintas sektor. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar