Iklan
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun saat Upacara Penutupan TNI TMMD ke-97 tahun 2016 di Lapangan Sepak Bola Permai 93 Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun, Rabu (19/10). foto:humas pemprov
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun saat Upacara Penutupan TNI TMMD ke-97 tahun 2016 di Lapangan Sepak Bola Permai 93 Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun, Rabu (19/10). foto:humas pemprov

batampos.co.id – Gubernur Kepri, Nurdin Basirun menyematkan apresiasinya atas karya nyata TNI dalam program TNI Manunggul Membangunan Desa (TMMD). Ditegaskan Nurdin, kegiatan TMMD memberikan banyak manfaatkan bagi kebutuhan masyarakat. Diakui Nurdin, penerapanan TMMD ini sangat membantu kerja Pemerintah Daerah (Pemda).

Iklan

“Kami hanya bisa menyematkan apresiasi atas hasil karya TNI lewat program TMDD. Kegiatan ini harus terus dilanjutkan,” ujar Nurdin saat Upacara Penutupan TNI TMMD ke-97 tahun 2016 di Lapangan Sepak Bola Permai 93 Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun, Rabu (19/10).

Menurut Nurdin apa yang dikerjakan TNI akan menjadi kenangan tersendiri buat masyarakat. Apalagi porgam kerja tersebut, manfaatnya langsung menyentuh masyarakat. Mantan Bupati Karimun tersebut yakin, peran pemerintah tanpa dukungan seluruh elemen masyarakat apalagi TNI, tidak akan secepat yang diharapkan. TNI mempunyai doktrin dan integritas yang diyakini dapat membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan dan pembinaan masyarakat.

“Kita tahu masyarakat tidak hanya membutuhkan pembangunan fisik tapi juga pembangunan mental atau non fisik. Apalagi dikenal istilah bersama Rakyat TNI Kuat,” papar Nurdin

Sementara itu, Danrem 033 Wira Pratama Brigjen TNI Fachri mengatakan TMMD kali mengambil tema dengan semangat kemanunggalan serta kerja sama lintas sektoran dan lintas komponen bangsa, kita tingkatkan percepatan pembangunan di daerah guna meningkatkan kesejahteraan rakyat. Disebutkannya, hasil kegiatan TMMD ada dua jenis kegiatan. Yakni yang bersifat sasaran fisik dan non fisik.

Kegiatan fisik antara lain semenisasi jalan di Desa Parit Kecamatan Karimin, pembuatan Box Cluvert di Tanjungbatu Kota Kecamatan Kundur, pembangunan box cluvert di Tanjungbatu Barat Kecamatan Kundur, pembuatan gorong-gorong di Kelurahan Tanjungbatu Kota Kecamatan Kundur, semenisasi jalan di RT 02/RW03 Guntung Punak Kelurahan Darussalam Kecamatan Meral Barat.

Untuk kegiatan nonfisik, dilaksanakan penyuluhan tentang bahaya radikalisme/terorisme yang dilaksanakan di aula gedung serba guna Kelurahan Darussalam, penyuluhan hukum yang dilaksanakan di aula gedung serba guna kel. Pasir panjang, penyuluhan Kamtibnas bahaya narkoba dan budidaya perikanan yang dilaksanakan di aula teluk senang kel.pasir panjang.

Ditambahkannya, TMMD juga melaksanakana penyuluhan kelestarian lingkungan hidup karhutla dan penyuluhan koperasi di laksanakan di gedung serba guna Sri Kemuning Kelurahan.Tanjungbatu , penyuluhan kesehatan lingkungan /sanitasi dan penyuluhan Keluarga Berencana (KB) kesehatan ibu dan anak.

“Program TMMD ini juga menyentuh pada penyuluhan bela negara di laksanakan di SMP Negeri 3 Desa Parit. Selain itu ada juga Pelayanan Kesehatan dari kesehatan kodim 0317/Tanjungbalai Karimun. Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Karimun,” ujar Brigjen TNI Fachri. Turut hadir dalam kesempatan itu Bupati Karimun Aunur Rafik, Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah, dan H Huzrin Hood.(jpg/bpos)