Iklan
LAZ MRB Batam saat survei ke rumah warga Teluk Sunti, Belakangpadang yang terkena bencana angin puting beliung. Foto: Ist
LAZ MRB Batam saat survei ke rumah warga Teluk Sunti, Belakangpadang yang terkena bencana angin puting beliung. Foto: Ist

batampos.co.id – Lembaga Amil Zakat (LAZ) Masjid Raya Batam akan membantu dana bagi korban bencana angin puting beliung di Teluk Sunti, Kelurahan Pecung, Belakangpadang. Dana itu akan diberikan secara kolektif untuk kemudian dibelikan bahan material.

Iklan

“Biaya untuk membeli atap itu yang utama. Biar mereka (para korban) bisa menginap di situ,” kata Manajer Pemberdayaan dan Pendistribusian LAZ MRB, Darwis.

Total ada delapan rumah yang mengalami kerusakan akibat puting beliung di kawasan tersebut, Selasa (18/10) pagi. LAZ MRB datang keesokan harinya, Rabu (19/10). Mereka melakukan survei ke sana untuk menentukan bantuan yang cocok diberikan pada para korban.

Ketua RT setempat, Awang Kecik, mengatakan, sebagian besar korban berstatus janda. Mereka hidup sendiri tanpa suami ataupun anak. Kondisi terparah dialami Norma. Keseluruhan atap rumah janda 70 tahun itu terbang.

“Para janda itu memang tidak bisa lagi mengganti kerugian materialnya,” kata Awang Kecik.

Sementara Ketua RW setempat, Baharuddin, mengatakan, kerugian materialnya mencapai puluhan juta. “Kami berharap pihak Masjid Raya bisa membantu warga kami,” ujar Baharuddin.

Manajer Pemberdayaan dan Pendistribusian LAZ MRB, Darwis, mengatakan, LAZ masih menerima donasi infak dan sedekah dari warga untuk para korban bencana tersebut. Sebab, saat ini, angin puting beliung terjadi hampir setiap hari.

“Kemarin (Rabu (19/10), red) di Seibeduk dan Marina. Tadi pagi, Kamis (20/10), di Batuampar,” ujarnya. (ceu)