Ilustrasi ATM
Ilustrasi ATM

batampos.co.id – Dari terungkapnya kasus penipuan dan pembobolan ATM di kawasan Metland Tambun, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (20/10), terkuak temuan baru. Modus operasi yang dilakukan pelaku cukup berbeda dari yang umum digunakan.

Kepala Humas Polsek Tambun, Iptu Tri Mulyono, menerangkan pelaku berinisial HK (30) menggunakan plastik bekas air minum dalam kemasan (AMDK) buat melancarkan aksinya.

“Pelaku memotong plastiknya menjadi bagian kecil. Plastiknya ini fungsinya buat mengganjal lubang di mesin ATM. Jadi tiap nasbah masukin (ATM), pasti tertahan di dalam,” ujar dia dilansir Go Bekasi (Jawa Pos Grup), Kamis (20/10).

“Dari sini kemudian HK mengintip nomor PIN korban,” imbuhnya.

Tri mengatakan bahwa HK tak sendiri dalam melancarkan aksinya. Dia ditemani F (25) selaku eksekutor alias pengembil uang korban.

“Sementara Si HK ini tugasnya pura-pura memberi pertolongan kepada korban,” ungkap dia.

Sementara, saat dimintai keterangan, HK menjelaskan bahwa selepas mengganjang lubang ATM, dia lantas pura-pura pergi keluar ATM buat menunggu mangsanya.

Ketika korban panik lantaran ATM nya tertelan, HK lantas menawarkan “pertolongan”.

Pelaku menyuruh korban memasukkan PIN, dan di saat yang bersamaan mata elang pelaku memelototi angka yang ditekan korban dan menghafalkannya.

“Karena setelah memasukkan PIN, kartu ATM korban tidak keluar, maka korban keluar ruangan dengan meninggalkan kartu ATM-nya yang tertelan. Di saat itu, teman saya, F (25) masuk,” bebernya. (dam/gob/mam/JPG)

Respon Anda?

komentar