Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Proses “assesment” calon sekretaris daerah (Sekda) Kota Batam berlangsung tertutup di Wisma PIH Batamcenter, kemarin. Dalam tahapan ini, kelima peserta calon Sekda datang tepat waktu dan mengikuti proses hingga sore hari.

Sekretaris panitia seleksi (Pansel) Sekda Kota Batam Agussahiman mengatakan lokasi uji assesment calon Sekda berganti tempat. Tahapan uji awalnya direncanakan di Polda Kepri. Namun karena ruangan Polda tengah diperbaiki, panitiapun mengalihkan lokasi ke Wisman PIH.

“Awalnya memang di Polda, namun ruang itu tengah diperbaiki. Jadi tim pansel menghubungi saya dan lokasi kita ganti jadi di hotel PIH,” ujar Agussahiman di kantor Walikota Batam, kemarin.

Kelima calon Sekda yakni Jefridin, Rudi Sakyakirti, Sadri Khairuddin, Pebrialin dan Zulhendri datang tepat waktu. Menurutnya, kelima calon diketahui mengikuti proses assesment hingga akhir.

“Hadir semua. Rencananya kita laksanakan dua hari, namun jika selesai satu hari, maka besok (hari ini, red) tak ada lagi,” jelas Agussahiman.

Sementara itu, Ketua Sekretariat Pansel Sekda Kota Batam M Syahir mengatakan pada tahap assesment para calon diberi materi khusus. Dimana mereka diminta untuk mencari jalan keluar terhadap materi yang telah diberi.

“Nantinya mereka diberi pertanyaan untuk dijawab. Jawabnya secara individu,” kata Syahir.

Syahir berkeyakinan para calon bisa menjawab pertanyaan yang diberi penguji. Sebab, para calon sudah berkompeten dan tahu dengan kondisi di Batam.

“Jawaban sesuai nalar mereka. Berkaitan dengan bidang kerja Sekda seperti sektor sosial, kultur, politik, pendapatan, ekonomi dan lain-lain,” jelas Syahir.

Dikatakannya, proses assesment hanya berlangsung satu hari. Sebab, proses kedua yang rencananya untuk psikotes sudah ada hasil. Tim pansel menggunakan hasil psikotes tiga bulan lalu.

“Rencana memang dua hari. Tapi tak jadi, karena tim pansel menggunakan psikotes lama. Jadi hari ini sudah selesai,” beber Syahir.

Menurut dia, hasil dari assesment akan keluar pada Senin 24 Oktober nanti. Namun, hasil itu tak langsung diumumkan karena menunggu hasil tes akhir.

“Pengumumannya nanti secara global. Pada 5 November nanti,” pungkas Syahir. (she)

Respon Anda?

komentar