Dalifah warga Hang Lekir Legenda Batamcenter tak kuasa manahan sedih sambil memegang foto anaknya Sudirman korban penyanderaan di Negara Somalia saat bercerita tentang anaknya, Senin (24/10). F Cecep Mulyana/Batam Pos
Dalifah warga Legenda Bali Batamcenter memegang foto anaknya Sudirman yang disandera perompak Somalia selama 4,5 tahun. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Enam bulan putus kontak dengan Sudirman, anak buah kapal (ABK) Kapal Naham 3, yang merupakan warga Legenda Bali, Batam, tiba-tiba Sudirman dapat menghubungi lagi ibunya, Dalifah.

Di balik telepon, Sudirman dengan penuh ketakutan meminta tolong kepada ibunya. Sudirman mengabatkan kalau ia disandera oleh perompak di Somalia bersama ABK lainnya.

“Saya tidak ingat pasti kapan (masih di tahun 2013). Sewaktu disandera, Sudirman menghubungi saya minta tolong,” cerita Dalifah dilansir Batam Pos (grup batampos.co.id), Selasa (25/10/2016).

Dalam keadaan itu, Dalifah memberikan kekuatan agar anaknya tetap ingat kepada Yang Maha Kuasa.

“Jangan menangis nak. Kuatkan hati. Kamu kamu laki-laki. Salat jangan ditinggalkan, Insya Allah, pasti kamu tidak akan dibunuh,” ujar Dalifah, mengulang nasihatnya pada sang anak, kala Sudirman menelepon kala itu.

Beberapa hari berselang, Sudirman kembali menghubunginya. Ada sekitar sepuluh kali Sudirman pernah berkomunikasi kembali dengan sang ibu semasa disandera, hingga hilang kontak lagi.

Sudirman sempat menceritakan kekejaman perompak terhadap korbannya. Mereka tidak segan-segan untuk bertindak di luar batas.

Sebagaimana diketahui pada berita sebelumnya, Sudirman merupakan salah satu ABK yang menjadi korban penyanderaan dari perompak di Laut Somalia sejak 4,5 tahun lalu.

Sejak disandera Sudirman tidak lagi rutin menghubungi ibunya, Dalifah di Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Kendati tidak ada lagi kontak langsung, namun Dalifah tetap yakin bahwa putra kesayangannya itu masih hidup dan bakal kembali ke tanah air.

Keyakinannya itu benar. Sudirman selamat dan dibebaskan setelah disandera 4,5 tahun lamanya. (cr15/iil/JPG)

Respon Anda?

komentar