Pekerja pabrik pulang kerja di Kawasan Cammo Industri, Senin (22/2). Tahun 2017, Upah Minimum Provinsi (UMP) Kepri diproyeksikan naik  Rp 179. 743.  Foto: Dalil Harahap/Batam Pos
Pekerja pabrik pulang kerja di Kawasan Cammo Industri, Senin (22/2). Tahun 2017, Upah Minimum Provinsi (UMP) Kepri diproyeksikan naik Rp 179. 743. Foto: Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Upah Minimum Kota (UMK) Batam tahun 2017 diperkirakan akan naik sebesar 8,25 persen. Dengan begitu, UMK Batam yang tahun ini sebesar Rp 2.994.112 akan menjadi Rp 3.241.126 pada tahun depan atau bertambah Rp 247.014.

Iklan

Angka itu berdasarkan hasil penghitungan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam. BPS menghitung berdasarkan inflasi dan pertumbuhan ekonomi tahun ini.

“UMK tahun depan pasti naik. Kenaikannya sama dengan daerah lain se-Indonesia,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam, Rudi Sakyakirti, Senin (24/10/2016).

Prediksi kenaikan UMK tersebut disampaikan dalam rapat perdana Dewan Pengupahan Kota Batam, Kamis (20/10) lalu. Dewan Pengupahan masih akan menggelar empat kali rapat untuk menetapkan angka akhir UMK Batam.

Rapat kedua akan digelar hari ini, Selasa (25/10/2016). Namun dalam rapat kedua ini pembahasan akan lebih fokus pada penetapan Upah Minimun Sektoral (UMS). Rudi mengatakan, upah sektoral itu harus disesuaikan dengan keunggulan Batam.

“Saya mengusulkan sektor industri, pariwisata, dan galangan kapal,” katanya.

Seperti halnya UMK, pembahasan upah sektoral juga akan mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 78. Sementara komponen Kebutuhan Hidup Layak (KHL) tak lagi dijadikan acuan. Lagipula, menurut Rudi, UMK Batam sebelumnya selalu berada di atas KHL.

Rapat Dewan Pengupahan ditargetkan selesai bulan November nanti. Pada saat itu, besaran UMK dan upah sektoral Batam harus sudah diketahui.

Wali Kota Batam, Rudi, meminta pembahasan tidak melenceng dari PP 78. Apabila inflasi tidak sesuai, ia merasa perlu dibahas dengan Bank Indonesia.

“Saya tidak tahu inflasi berapa. Biasanya saya dapat (angka) bersih,” kata Rudi. (ceu)