Di Natuna akan Dibangun PLTMG 50 Mega Watt

1274
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal menggatakan, rencana dibangunnya Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di Natuna akan segera direalisasi.

Saat ini, sudah terdapat investor yang serius akanĀ  membangun PLTMG tersebut di Natuna. Direncanakan berkapasitas 50 mega watt. Perusahaan ini sudah membangun PLTMG di Batam.

“Saya sudah ditemui investor di Batam kemarin. Berencana akan membangun PLTMG 50 mega watt,” kata Hamid.

Tertariknya investor membangun PLTMG di Natina kata Hamid, menyusul dimulai program percepatan pembangunan di Natuna yang diprioritas Presiden Joko Widodo.

50 mega watt lanjutnya, ada tiga yang diperhitungkan bakal menyerap sumber daya listrik. Diantaranya untuk mensuplai daya di kawasan sentar industri kelautan dan perikanan di Selat Lampa.

Tidak hanya itu, kebutuhan listrik untuk pelabuhan samudera yang bakan dibangun di Teluk Buton tahun dan kebutuhan listrik pembangunan program keamanan dan pertahanan.

“Rencana ini ditanggapi serius pemerintah daerah. Tapi pemerintah daerah tidak punya anggaran. Artinya kalau investor ini serius, ya harus siapkan anggaran perusahaan,” kata Hamid.

Sementara untuk lokasinya Hamid mengaku, belum terdapat gambaran yang pasti. Namun menurutnya harua memilih lokasi yang tepat. Mengingat kawasan pembangunan yang memerlukan sumber listrik tersebar.

“Tapi di kawasan Desa Binjai boleh juga cocok. Karena berada ditengah tengah,” ujar Hamid.

Adanya investor yang akan membangun PLTMG ini juga dibenarkan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Pemkab Natuna Ilham Kauli. Dan sudah diagendakan pertemuan pemerintah daerah bersama Perusahaan membicarakan wacana tersebut di Batam.

“Besok saya diperintahkan pak Bupati hadiri pertemuan terkait rencana PLTMG dengan perusahaan di Batam. Perusahaannya dari Jakarta yang sudah membangun PLTMG di Batam,” kata Ilham Kauli.(arn)

Respon Anda?

komentar