Gubernur Kepri: Jembatan Dompak Harus Segera Dibuka

1457
Pesona Indonesia
Suasana jembatan Dompak yang terus digesa pembangunannya, Minggu (4/9). Foto:Yusnadi/Batam Pos
Foto:Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Gubernur Kepri, Nurdin Basirun memberikan apreasiasi kepada kontraktor Jembatan I Dompak. Karena sudah bersusah payah menyelesaikan pembangunan jembatan tersebut. Gubernur berharap, jembatan tersebut segera dibuka untuk umum. Sehingga memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Jembatan tersebut sudah lama ditunggu-tunggu masyarakat. Sebaiknya segera dibuka untuk umum, sehingga manfaatnya bisa segera dirasakan masyarakat,” ujar Gubernur Nurdin menjawab pertanyaan koran Batam Pos, Senin (25/10) lalu di Gedung Daerah, Tanjungpinang.

Disinggung apakah dirinya sudah mendapatkan laporan dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kepri, Nurdin mengaku belum mendapatkan laporan. Bagi Nurdin, tidak perlu menunggu peresmian bagi dibukanya jembatan tersebut untuk umum. Karena yang terpenting adalah kehadiran jembatan tersebut membawa spirit kesejahteraan bagi Tanjungpinang sebagai Ibu Kota Provinsi Kepri.

“Tidak perlu menunggu peresmian, jika sudah bisa dibuka untuk umum, harus segera dilakukan,” papar Mantan Bupati Karimun tersebut.

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kepri,   terus berkoordinasi dengan Komisi Keselamatan  Jalan, Terowongan dan Jembatan (KKJTJ) untuk segera melakukan loading test (uji kelaikan) terhadap kualitas konstruk Jembatan I Dompak, Tanjungpinang. Sehingga manfaatnya bisa segera dinikmati masyarakat.

“Kita targetkan awal November sudah dibuka untuk umum. Karena pekerjaan fisik sudah selesai dilakukan,” ujar Kepala Dinas PU Kepri, Heru Sukmoro.

Menurut Heru, pengoperasian dan pembukaan Jembatan yang menghubungkan, Tanjungpinang-Dompak tersebut akan dilakukan setelah uji beban. Terkait kapan akan dilakukan loading test tersebut tergantung keputusan KKJTJ. Karena mereka yang akan melaksanakan proses itu nanti.

Dikatakan Heru, setelah pekerjaan selesai 100 persen dikerjakan PT Wijaya Karya (Wika) selaku kontraktor Jembatan I Dompak, pihaknya langsung melaporkan progress tersebut ke KKJTJ. Terkait hasil kerja Kontraktor maupun Manajemen Konstruksi (MK) pada proyek senilai Rp312 miliar tersebut.

“Kamis,(20/10) lalu, sudah kami laporkan dan persentasekan hasil progress pembangunan Jembatan I Tanjungpinang-Dompak ini ke KKJTJ dan Dirjen Bina Marga Kementeriaan PU di Jakarta, melalui rapat Koordinasi,”ungkap Heru.(jpg)

Respon Anda?

komentar