Kapal Bermuatan Bensin Meledak dan Terbakar

668
Pesona Indonesia
Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan kapal yang terbakar di dermaga D Pelindo Dumai, Rabu (26/10/2016). Foto: Hasanal Bulkiah/ Riau Pos
Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan kapal yang terbakar di dermaga D Pelindo Dumai, Rabu (26/10/2016). Foto: Hasanal Bulkiah/ Riau Pos

batampos.co.id – Ledakan hebat tiba-tiba terdengar di sekitar Dermaga D Pelabuhan Pelindo, Kota Dumai, Provinsi Riau. Tak hanya sekali tapi beberapa kali hingga mengejutkan warga yang berada di sekitar pelabuhan.

Ledakan keras itu ternyata bersumber dari sebuah kapal pengangkut bahan bakar minyak (BBM) jenis bensin atau premium. Ledakan itu diikuti bara api yang membumbung tinggi. Terlihat empat orang melompat ke laut hanya hitungan detik sebelum kapal itu meledak.

Tidak ada korban tewas atas kejadian tersebut. Hanya satu penumpang yang menderita luka bakar.

Informasi yang dihimpun Riau Pos (grup batampos.co.id), insiden itu berlangsung pada Rabu (26/10/2016), sekitar pukul 13.15 WIB. Diduga kapal yang memuat 40 jerigen bensin itu meledak saat kapal baru dinyalakan mesinnya.

“Semua muatan sudah selesai dimuat, ada sekitar 40 derijen yang bakal dibawa ke Pulau Rupat,” terang Raina (42) pemilik kapal.

Raina mengatakan, saat kejadian di dalam kapal ada empat orang. Dirinya, dua keponakannya bernama Khaidir (17) dan Kusnadi (20) serta orang tua Raina, Zahari (67).

“Kapal sudah sempat berjalan, beruntung kami sempat pinggirkan kapal ke tepi dermaga. Orang tua saya dan keponakan sempat terjun, namun satu lagi sempat terbakar dan mengalami luka bakar,” sebutnya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai.

Warga Rupat ini mengatakan, percikan api berasal dari mesin kapal, kemudian dengan cepat menyambar kebagian kapal lainnya, karena muatan kapal tersebut BBM jenis Bensin.

Kobaran api baru berhasil dipadamkan satu jam setelah suara ledakan. Pemadaman dibantu oleh mobil kebakaran milik Pelindo dan BPBD. (hsb/iil/JPG)

Respon Anda?

komentar