Miris! Tak Dapat Siswa Baru, Sekolah Terpaksa Ditutup

558
Pesona Indonesia

SDN 2 Bedingin ditutup lantaran tak ada siswa baru yang mendaftar. (foto: jpg)

batampos.co.id – SDN 2 Bedingin di kecamatan Sambit terpaksa ditutup mulai tahun ajaran baru Juli lalu. Pasalnya, sudah tidak ada lagi siswa baru yang mendaftar ke sekolah tersebut.

Kondisi itu dilatarbelakangi berbagai faktor, mulai dari suksesnya program keluarga berencana (KB), orang tua yang pilih-pilih sekolah, hingga masalah tenaga pendidik yang minim.

“Hanya ada 13 siswa. Delapan siswa kelas VI dan lima siswa di kelas V,” ujar Sayid Sirojudin Ahmad, mantan penjaga SDN 2 Bedingin, kemarin (26/10).

Dia menambahkan, sekolah bekas tempatnya bekerja tersebut kali terakhir menerima siswa baru pada tahun ajaran 2011/2012. Saat itu hanya seorang siswa yang mendaftar.

Pihak sekolah akhirnya menyarankan siswa yang bersangkutan untuk memilih sekolah lain. Siswa tersebut akhirnya bersekolah di SD kecamatan tetangga dengan jarak tempuh sekitar 1 kilometer dari rumahnya.

“Sejak saat itu, sudah tidak ada lagi yang mendaftar. Jadi, tahun ini tidak memiliki siswa dari kelas 1 sampai kelas IV ,” imbuhnya. (jpnn)

Respon Anda?

komentar