Pariwisata Kepri Bisa Kalahkan Bali

818
Pesona Indonesia
Gubkepri Nurdin Basirun mengunjungi salah satu stand Wonderful Kepri Expo di lapangan Dewa Ruci Tanjungpinang, Rabu (26/10/2016). Foto: Yusnadi/Batam Pos
Gubkepri Nurdin Basirun mengunjungi salah satu stand Wonderful Kepri Expo di lapangan Dewa Ruci Tanjungpinang, Rabu (26/10/2016). Foto: Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengajak semua pihak memaksimalkan potensi kemaritiman dan pariwisata di Kepri.

Dia yakin, suatu saat pesona wisata Kepri bisa disejajarkan atau bahkan mengungguli Bali dalam beberapa aspek.

“Kepri bisa menjadi poros maritim dunia dan pariwisataannya semakin menarik minat wisman,” kata Gubernur Nurdin saat membuka Wonderful Kepri Expo di Lapangan Dewa Ruci Tanjungpinang, Rabu (26/10/2016).

Pada pembukaan yang ditandai dengan pengguntingan pita itu, Gubernur menambahkan pameran ini juga dalam rangkaian Festival Bahari Kepri (FBK) 2016.

Usai menggunting pita, Gubernur didampingi Sekda Provinsi Kepri TS Arif Fadillah, dan Plt Kadisperindag Provinsi Edi Sofyan, serta sejumlah undangan meninjau langsung stan pameran.

Edi Sofyan, yang juga ketua panitia pameran menyebutkan Wonderful Kepri Expo juga merupakan salah satu rangkaian Sail Karimata 2016. Lewat ekspo ini, pengunjung bisa melihat segala potensi wiasata dan maritim yang dimiliki tujuh kabupaten-kota di Kepri.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Guntur Sakti menginginkan ada multifungsi sekaligus multidampak dari penyelenggaran FBK 2016 ini.

“Kami meyakinkan pemerintah pusat agar bisa dibarengkan dengan Sail Karimata itu dengan sungguh-sungguh. Tentu harapannya bisa punya memberikan banyak manfaat. Budayanya iya, pariwisatanya iya, ekonominya juga harus iya dong,” kata Guntur.

Pantauan Batam Pos, Wonderful Kepri Expo ramai dikunjungi warga. Setiap stan menampilkan keunggulan daerah masing-masing. Baik dari sektor wisata, kuliner, dan sebagainya.

Stan dari Anambas, misalnya. Kabupaten bagian utara Kepri ini memamerkan sejumlah destinasi wisatanya yang kini sudah dilirik dunia. Pantainya yang bersih dan tempat menyelam yang indah menjadi daya pikat utama stan Kabupaten Anambas.

Kabupaten Bintan tidak mau ketinggalan. Sebagai daerah tujuan wisatawan mancanegara kedua setelah Batam ini juga ingin menonjolkan keindahan potensi pariwisata dan sejumlah kawasan wisata terpadu yang kini terus dikembangkan. Beberapa wisatawan terlihat berebut pamflet promosi kepariwisataan Bintan.

“Katanya masih satu daratan di sini, sehingga masih sangat terjangkau bisa ditempuh sehari,” kata Aryani, wisatawan asal Jakarta yang kebetulan sedang berlibur ke Tanjungpinang dengan suaminya ini.

Rencananya, Wonderful Kepri Expo ini dilaksanakan selama lima hari ke depan hingga 30 Oktober mendatang. Pameran akan dibuka hingga malam hari dan diamaikan dengan aneka hiburan.

Selain instansi pemerintahan, pameran ini juga diramaikan peserta dari UKM, beberapa dari bank swasta, dan peserta dari luar Kepri. Seperti Riau dan Jawa Barat. (aya/bp)

Respon Anda?

komentar