PT Multi Prima Luncurkan Tiga Kapal Pesanan Kemenhub

823
Pesona Indonesia

kapal-hublabatampos.co.id – Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Budi Setiajid meresmikan peluncuran tiga unit Kapal Pengamat Perambuan di Galangan PT Multi Prima, Batam, Kamis (27/10). Ketiganya itu KN Enggano, KN Karimun Jawa, dan KN Pengiki.

“Saya harap, pembangunan tiga kapal perambuan ini dapat mendukung program pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” kata Budi Setiajid.

KN Enggano, rencananya, akan berlabuh dan dioperasikan oleh Distrik Navigasi Kelas 1 Tanjung Priok. KN Karimun Jawa oleh Distrik Navigasi Kelas II Semarang. Dan KN Pengiki oleh Distrik Navigasi Kelas III Pontianak. Ketiga kapal tersebut dibangun di perusahaan galangan kapal di Sagulung, Batam, PT Multi Prima.

Pekerjaan pembangunan tiga unit Kapal Pengamat Perambuan itu dimulai pada 7 Oktober 2015. Jangka waktu penyelesaian pekerjaan dilakukan selama 435 hari kalender. Biayanya mencapai Rp 102.196.500.000.

Budi mengatakan, selain tiga kapal itu, masih ada beberapa kapal negara lainnya yang sedang dalam proses pembangunan di beberapa galangan kapal. Ia berharap, pembangunan kapal itu dapat berjalan lancar dan selesai tepat waktu. Sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat bersama.

“Tetap utamakan profesionalitas dan kualitas dalam mengerjakan setiap unit kapal tanpa mengurangi aspek keselamatan dan keamanan kapal itu sendiri,” pesannya.

Direktur Utama PT Multi Prima, Soniono, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut kepada perusahaannya untuk turut serta memajukan dunia maritim nasional.

“Kami bangga bisa ikut serta menyukseskan program Indonesia sebagai poros maritim dunia yang merupakan gagasan cemerlang dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses pembangunan tiga unit kapal negara tersebut. Sehingga acara peluncuran dapat berjalan dengan lancar.

Turut hadir pada kesempatan itu Kepala kantor Pelabuhan Batam, para Kepala kantor Distrik Navigasi kelas I, II & III dari Sabang sampai Merauke, Direktur Utama PT Multi Prima Soniono, Perwakilan Kantor Pelabuhan Batam, Perwakilan Kantor BKI Batam, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

“Semoga kerjasama ini terus terjalin dengan baik, sehingga perusahaan galangan nasional dapat tumbuh dengan baik,” pungkasnya. (ceu)

Respon Anda?

komentar